Follow detikFinance
Senin 25 Sep 2017, 12:23 WIB

Gunung Agung Rawan Meletus, Bagaimana Nasib Pertemuan IMF-WB?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Gunung Agung Rawan Meletus, Bagaimana Nasib Pertemuan IMF-WB? Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tahun depan, Indonesia bakal menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (Bank Dunia). Acara direncanakan digelar di Nusa Dua Bali pada Oktober 2018.

Status Awas yang terjadi pada Gunung Agung menjadi pertimbangan dari panitia penyelenggara yang dipimpin oleh Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan.

"Kami masih pelajari. Nanti kan ada pertemuan di Washington tanggal 11, 12, 13 Oktober saya ke sana. Jadi saya kemarin ke Bali itu, supaya tahu kira-kira, ada feeling-nya lah. Bagaimana kira-kira nanti," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Senin (25/9/2017).


Luhut mengatakan, belum ada keputusan pasti soal lokasi pertemuan tahunan tersebut. Dirinya akan berunding dengan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati,

"Saya ingin ketemu sama mereka (IMF-Bank Dunia) dulu, bagaimana. Atau kami tunggu dulu dalam dua minggu ke depan, apa yang terjadi. Karena kami belum tahu," jelas Luhut.

Menurut Luhut, opsi lokasi cadangan untuk tempat pertemuan itu adalah Jakarta. Karena yang mampu menangani pertemuan sebesar itu dengan ribuan peserta adalah Jakarta.

"Tapi kami berharap, kalau kemarin volcanologist kami memberikan penjelasan, ya kalau terjadi apa-apa dalam dua minggu ke depan, itu enggak lama (efeknya). Maksudnya enggak lama seperti Sinabung," ujar Luhut. (wdl/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed