Follow detikFinance
Selasa 23 Jan 2018, 18:36 WIB

Asuransi Apa yang Tepat untuk Antisipasi Gempa?

Danang Sugianto - detikFinance
Asuransi Apa yang Tepat untuk Antisipasi Gempa? Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tidak seperti asuransi jiwa ataupun kesehatan, asuransi harta benda seperti rumah terkadang dianggap remeh. Padahal ketika harta benda kita rusak karena terkena musibah seperti gempa, kerugian yang bisa ditimbulkan cukup besar.

Lalu sebenarnya asuransi apa yang cocok untuk mengantisipasi jika terjadi gempa?

Menurut, Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini Sutikno, semua jenis asuransi pada dasarnya sama pentingnya. Dalam strategi perencanaan keuangan asuransi harta benda sebenarnya sama pentingya dengan asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

"Skala prioritasnya kalau dalam asuransi dia tetap nomor 1, jadi sama pentingnya dengan mengasuransikan jiwa atau kesehatan kita. Sebab harta benda ini kalau rusak menimbulkan kerugian, dia pantas di cover karena harganya mahal," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Selasa (23/1/2018).

Asuransi harta benda yang dimaksudnya adalah aset yang memiliki nilai yang besar seperti rumah, apartemen maupun ruko. Sebab aset-aset properti tersebut rusak maka bisa menimbulkan kerugian yang besar.

"Asuransi ini penting, karena kalau rumah rusak nanti renovasinya bisa mahal," tambahnya.

Bukan hanya rumah, kendaraan juga patut untuk dilindungi. Sebab bukan tidak mungkin mobil kita tertimpa reruntuhan ketika terjadi gempa.

Bukan hanya itu, harta benda lainnya yang memiliki nilai besar juga patut untuk di-cover asuransi. Seperti misalnya lukisan atau benda-benda antik yang berharga.

Biaya untuk membayar premi asuransi harta benda juga kata Mike seharusnya masuk dalam pos pengeluaran rutin. "Biasanya kalau asuransi seperti itu juga tahunan kok, enggak tiap bulan. Preminya juga murah," tukasnya.

Bukan hanya untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, pentingnya asuransi juga bermanfaat untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerugian jika terjadi tindak kejahatan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed