Follow detikFinance
Rabu 17 Jun 2015, 06:52 WIB

#dNewGeneration

Umur Masih Muda Sudah Bisa Kantongi Rp 40 Juta/Bulan dari Sepatu Batik

Wiji Nurhayat - detikFinance
Umur Masih Muda Sudah Bisa Kantongi Rp 40 Juta/Bulan dari Sepatu Batik
Jakarta -

Jevon Wirianto, remaja 22 tahun yang berkuliah di Universitas Prasetya Mulya, Jakarta sukses mengkombinasikan batik dengan sepatu. Produk yang dinamakan Trove Footware tersebut, kini bisa menghasilkan omzet Rp 35-40 juta per bulan.

"Batik itu kesannya tua nah kita aplikasikan di sepatu Sehingga bisa lebih terlihat kasual," kata Jevon saat ditemui detikFinance, dalam acara Entrepreneurship Prasetya Mulya di Plaza Bapindo, pekan lalu.

Bisnis yang dimulai 2011 ini terus berkembang pesat. Jevon dan empat orang temannya sukses menjual produk sepatu batik dengan nilai tambah cukup besar ,dan harganya lumayan cukup mahal.

"Target pelanggan kami adalah yang berumur 15-25 tahun. Harga sepatunya antara Rp 360.000 hingga Rp 550.000," katanya.

Jevon menceritakan, bisnis bersama temannya hanya dimulai dari modal Rp 20 juta. Siapa sangka hingga saat ini, Jevon mampu mempekerjakan hingga 8 orang untuk memproduksi sepatu unik dari batik.

Kegiatan produksi dilakukan di Jakarta dan Bandung dengan produksi rata-rata 4-5 lusin per bulan. Nah yang paling membedakan, perdagangan sepatu batik merek Trove ini dilakukan secara online.

"Mengapa memilih bisnis sepatu? Pertumbuhan bisnis ini rata-rata 8,3%/tahun dan 250 juta penduduk Indonesia yang menjadikannya pasar besar yang potensial. Kami fokus di belanja online karena peluang pertumbuhan belanja online berkisar Rp 21 triliun/tahun. Kekuatan apa yang kita miliki? Kita tembus nilai hak merek, situs resmi dengan customers service," tuturnya.

Sepatu merek Trove bahkan sudah dipamerkan di London, Inggris pada sebuah acara pameran Inacraft di 2013 lalu. Selain dibeli oleh konsumen dalam negeri, sepatu batik Trove juga dibeli warga negara asing.

"Penjualannya belum sampai diekspor ke sana. Tetapi produk kita pernah dibeli orang Kanada, Jepang dan Belanda saat kami membuka stand di Inacraft tahun 2013 lalu," jelasnya.

(hen/dnl)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed