Follow detikFinance
Senin 23 Sep 2013, 13:25 WIB

Ini 6 Biaya yang Harus Dirogoh Saat Beli Rumah Bekas

- detikFinance
Ini 6 Biaya yang Harus Dirogoh Saat Beli Rumah Bekas
Jakarta - Permintaan terhadap hunian di Indonesia terus meningkat. Selain rumah baru atau pasar primer, permintaan terhadap rumah second (bekas) atau pasar sekunder juga tinggi.

Saat Anda melakukan proses jual beli rumah bekas pasti akan membutuhkan beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Berikut ini 6 biaya yang harus dikeluarkan saat membeli rumah bekas.

1. Pengecekan Sertifikat<\/strong>
Pengecekan sertifikat dilakukan ke kantor pertanahan setempat sebelum proses jual beli dilakukan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa sertifikat tidak ada catatan seperti blokir, sita atau catatan lainnya.

2. Biaya Akta Jual Beli<\/strong>
Kebanyakan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) menarik biaya 1 % dari nilai transaksi, tetapi harga ini tidaklah kaku sehingga anda bisa tawar menawar harga.Biaya akta jual beli ini bisa dibayarkan secara proporsional antara penjual dan pembeli. Namun bisa saja ditanggung oleh salah satu pihak sesuai kesepakatan.

3. Biaya Balik Nama<\/strong>
Proses balik nama ini diajukan oleh PPAT dengan membayar sejumlah biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan biaya ditanggung oleh pembeli.

4. Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)<\/strong>
PNBP ini dibayar secara sekaligus pada saat pengajuan Peralihan Hak atau Balik Nama. Jumlah PNBP ini 1 0\/00 (satu perseribu\/permill) dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah.

5. PPh (Pajak Penghasilan)<\/strong>
Besarnya PPh adalah 5 % dari besarnya transaksi. PPh ini harus dibayarkan sebelum akta jual beli ditandatangani. Pembayaran PPh dilakukan di bank penerima pembayaran dan kemudian divalidasi ke kantor pajak setempat.

6. BPHTB (Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan)<\/strong>
BPHTB ini juga harus dibayarkan sebelum akta jual beli ditandatangani. BPHTB dikenakan bukan hanya pada saat terjadinya jual-beli, melainkan juga terhadap setiap perolehan hak atas tanah dan bangunan, seperti tukar-menukar, hibah, waris, pemasukan tanah ke dalam perseroan, dan lain-lainnya.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen, dan lainnya, anda juga dapat dengan mudah memasang iklan rumah dijual gratis di Rumahku.com<\/a>.
(hen/hen)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed