detikfinance

PT Abdi Bangsa akan Terbitkan Saham Baru

Irna Gustia - detikfinance
Rabu, 22/09/2004 17:29 WIB
Jakarta -PT Abdi Bangsa Tbk (ABBA) yang merupakan induk koran Republika berencana melakukan penerbitan saham baru (right issue) sejumlah 512 juta saham dengan nilai Rp 64 miliar. Rasio untuk right issue itu adalah 5:4 dimana setiap lima pemegang saham lama mendapat 4 saham baru. Menurut Dirut ABBA Eric Thohir di Jakarta, Rabu (22/9/2004) dana dari hasil right issue sebesar Rp 39,99 miliar digunakan untuk mengakuisisi empat perusahaan terafiliasi yakni PT Suara Irama Indah yang mengelola radio One, PT Mahaka Visual Indonesia yag mengelola Mahaka Intertainment, PT Media Golfindo yang mengelola majalah GolfDigest Indonesia dan PT Ava Banindo Perkasa yang mengelola layar Indonesia. Sedangkan sisanya Rp 24,01 miliar digunakan untuk tambahan modal kerja dan investasi. Dalam right issue itu pemegang saham akan mengalami efek dilusi sebesar 44,44 persen dimana harga teoritis untuk right issue itu Rp 125 bertindak sebagai pembeli siaga adalah PT Indopac Usaha Prima yang merupakan pemegang saham terbesar ABBA sebesar 24,9 persen. Jika tidak ada pemegang saham yang melaksanakan haknya maka Indopac akan menjadi pemilik terbesar menjadi sebesar 58,33 persen sedangkan saham publik yang sebesar 1,61 persen bisa terdilusi menjadi 0,89 persen. Rencana right issue ini akan dimintakan persetujuan pemegang saham dalam RUPS 29 September 2004 dimana pencatatannya di BEJ dilakukan 13 Oktober 2004. Menurut Eric akuisisi dilakukan karena perusahaannya ingin menjadi perusahaan multi media terlengkap selain bisa meningkatkan good corporate governance juga menaikan keuntungan perusahaan. Eric juga mengatakan pihaknya sudah melakukan MoU untuk mengakuisis koran berbahasa mandarin Harian Indonesia sebesar 56 persen yang akan dimintakan persetujuan pemegang saham pada Januari atau Februari 2005. Perusahaan juga akan melakukan penyertaan modal sebesar 5 persen di JakTV melalui PT Indopac.
(san/)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 03/08/2014 18:18 WIB
    Ini Penyebab Klaim Asuransi Kecelakaan Tak Bisa Cair
    Beberapa kasus ada saja pemegang asuransi kecelakaan yang sulit mencairkan klaimnya. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klaim asuransi kecelakaan sulit atau bahkan tak bisa cair.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut