detikfinance

Survei Puskaptis, Warga Jakarta Tolak Calon Independen

Muhammad Nur Hayid - detikfinance
Sabtu, 09/06/2007 14:05 WIB
Jakarta -Survei-survei terkait Pilkada DKI Jakarta banyak bermunculan. Salah satunya yang dilakukan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Lembaga ini melakukan survei tentang persepsi masyarakat Jakarta tentang fenomena calon independen. Survei digelar pada 2-5 Mei 2007 di 5 wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu, dengan melibatkan 2.640 responden. Adapun metode survei yang digunakan yakni stratified random sampling, dengan tingkat dengan kesalahan atau margin error sebesar 5 persen dan tingkat keyakinan 95 persen. Dari hasil tersebut diketahui bahwa masyarakat Jakarta belum merasa perlu adanya calon independen. Ini tergambar dari jumlah 81 persen responden yang menyatakan tidak setuju kalau calon independen dimunculkan pada Pilkada DKI 2007. Alasan yang dikemukakan, karena belum adanya landasan hukum. Sedangkan sebanyak 16 persen responden menyatakan persetujuannya terhadap calon independen dan 3 persen memilih tidak bersikap atau tidak tahu. "Ini menunjukkan bahwa masyarakat Jakarta belum menghendaki adanya calon independen pada pilkada kali ini. Untuk selanjutnya kita belum meneliti lagi," kata Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid dalam acara diskusi bertajuk "Persepsi masyarakat terhadap Pilkada DKI" di Mario's Place, Menteng, Jakarta, Sabtu (9/6/2007). Husin menambahkan, dari hasil survei, responden menilai 2 calon yang ada, yakni Fauzi Bowo-Prijanto dan Adang Daradjatun-Dani Anwar, sudah cukup demokratis. Ini dilihat dari sebanyak 85 persen responden yang menyatakan hal tersebut, sedangkan 10 persen menyatakan tidak demokratis, dan sisanya 5 persen menyatakan tidak tahu. Hasil survei sementara pilihan masyarakat terhadap 2 calon yang bertarung, Fauzi Bowo dinilai lebih layak dibandingkan Adang, dengan komposisi Fauzi 63 persen dan Adang 37 persen. "Ini baru survei sementara," imbuh Husin.
(ndr/sss)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut