detikfinance

30 Nasabah BPR Citraloka Pertanyakan Dana Deposito

Baban Gandapurnama - detikfinance
Jumat, 25/01/2008 17:17 WIB
Bandung -Kasus Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Citraloka Dana Mandiri yang sudah diusut sejak bulan pertengahan tahun lalu belum memberikan hasil. 30 nasabah BPR Citraloka Dana Mandiri kembali mendatangi Bank Indonesia (BI) cabang Bandung di Jalan Braga, Jumat (25//1/2008), untuk mempertanyakan dana mereka.

Mereka meminta Bank Indonesia segera menyelesaikan kasus mereka, soalnya BI sempat memberi tenggat 2 minggu kepada BPR Citraloka Dana Mandiri. Kalau masalah ini tidak selesai, BPR akan dilikuidasi.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini rombongan nasabah datang tanpa membawa spanduk atau mengadakan long march.

Pukul 14.30 WIB rombongan ini diterima oleh Pengawas Bank Madya Senior, Dadang Sudarman. Pertemuan yang diadakan di lantai 2 gedung BI ini terkait nasib uang mereka di BPR Citraloka Dana Mandiri. Para nasabah menuntut agar BI tidak mengulur-ulur penyelesaian masalah ini.

"Kami telah menunggu selama 5 bulan lebih, tapi persoalan ini masih belum tuntas juga," ujar Suwandi, salah seorang nasabah.

Menanggapi desakan nasabah, Dadang mengemukakan bahwa penyelesaian masalah ini sedang dalam proses. "Setiap hari kita terus memantau prosesnya, bekerja sama dengan Bank Indonesia pusat dan LPS. Kita harus hati-hati dalam bertindak dan harus mengikuti prosedur yang ada," ujar Dadang

Dadang juga membenarkan bahwa ada kemungkinan bahwa BPR Citraloka Dana Mandiri kemungkinan besar akan dilikuidasi.

"Menurut keterangan dari Jakarta memang ada rencana untuk melikuidasi BPR Citraloka. Kami masih menunggu keputusan akhir, semoga minggu depan atau minggu pertama Februari sudah ada jawaban," tambahnya.

Pertemuan yang berlangsung selama satu jam ini tampaknya tidak memberikan hasil yang memuaskan bagi nasabah. Apalagi Dadang mengemukakan bahwa kemungkinan besar dana nasabah tidak terganti sepenuhnya.

"Andai dilikuidasi proses pengembalian dana akan dilakukan oleh LPS, karena ini merupakan kewenangan LPS. Kami sendiri tidak yakin dana akan terganti semua. Pokoknya kami berupaya mempercepat penyelesaian masalah
ini," ujar Dadang.

Dari pertemuan bulan Desember tahun lalu pernah disebutkan bahwa jika BPR Citraloka Dana Mandiri dilikuidasi, dana yang dikembalikan oleh LPS kepada nasabah maksimal 100 juta rupiah.

Kalau pun nasabah menuntut lebih, pihak BI menganjurkan menjadikan kasus ini sebagai perdata dengan menuntut Direktur Utama BPR Citraloka Dana Mandiri. Dengan demikian dapat memperoleh dana hasil dari lelang sitaan kekayaan Dirut BPR Citraloka Dana Mandiri.
(bbn/ddn)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut