detikfinance

Hana Bank Indonesia Ingin Masuk 20 Bank Terbesar

Suhendra - detikfinance
Kamis, 28/02/2008 13:01 WIB
Jakarta -Hana Bank yang merupakan bank terbesar terbesar di Korea menancapkan bisnisnya di Indonesia dengan bendera PT Hana Bank Indonesia. Bank ini mengincar posisi 20 bank terbesar di Indonesia.

"Untuk market kita akan targetkan menjadi 20 bank terbesar di Indonesia hingga tahun 2012, untuk akhir tahun kita targetkan total aset kita bisa mencapai Rp 1 triliun," kata Presdir PT Hana Bank Indonesia Michael Lee, pada acara konfrensi pers Hana Bank Grand Opening di Gedung Hana Bank (Gedung Mitra), Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (28/2/2008).

Di Indonesia, Hana Bank akan fokuskan usahanya pada bidang mikro bisnis. Langkah ini dilakukan karena potensi pasar mikro bisnis di Indonesia cukup besar. Selain itu pasar segmen konsumsi sudah terlalu banyak di Indonesia.
 
"Kita akan fokuskan pada usaha mikro, setidaknya 50% kita bisa alokasikan ke bidang bisnis mikro," kata Lee.

Sementara itu CEO Hana Bank Korea, Kim Jong Yeol mengatakan banyak faktor yang menjadi alasan pihaknya melirik Indonesia antara lain soal potensi pasar Indonesia sangat menarik.
 
"Pertumbuhan GDP Indonesia selama tiga tahun terakhir terus tumbuh, kestabilan politik yang aman, tenaga kerja yang banyak dan hubungan yang baik antara Indonesia dan Korea," ungkapnya.
 
Untuk melancarkan upaya ini Hana Bank akan berencana menambah hingga 5 cabang. Hingga akhir tahun lalu total aset PT Bank Hana mencapai Rp 300 miliar, termasuk injeksi modal sebesar Rp 150 miliar dengan ROA 2007 mencapai 2,26% dan ROE 7,90%.
 
Mengenai potensi pasar, Kim optimis bahwa pasar di Indonesia terutama untuk perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia. Meliputi sektor manufaktur seperti elektronik, sepatu, mainan seperti merek-merek besar seperti LG, Samsung dan lain-lain.
 
Komposisi kepemilikan saham PT Bank Hana Indonesia adalah Hana Bank Korea 60,97%, PT Trisetijo Manunggal Utama 10,0%, Bambang Setijo 10% dan IFC 19,03%.
 
Sedangkan untuk Hana Financial Group sebagai Holding dari Hana Bank memiliki total aset tahun 2007 mencapai US$ 147,7 miliar dengan capital 2007 mencapai US$ 10,2 miliar. Untuk ROE pada tahun 2007 mencapai 14,5% dan ROA 1,06%.

Hana Bank juga baru saja mengakuisisi 60 persen saham PT Bank Bintang Manunggal (Bank Bima) akhir tahun 2007. Akuisisi sudah disetujui oleh BI namun soal pergantian nama menjadi Hana Bank belum disetujui.

(hen/ir)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut