detikfinance

Laporan Pengaduan Nasabah ke BI Harus Online

Nurul Qomariyah - detikfinance
Senin, 03/03/2008 09:16 WIB
Jakarta -Bank Indonesia memperbarui aturan tentang penyampaian pengaduan nasabah. Perbankan harus menyampaikan laporan tentang pengaduan nasabah secara online.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor: 10/10/PBI/2008 tanggal 28 Februari 2008 tentang Perubahan Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7/PBI/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah.

PBI baru ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan informasi. Setiap laporan dilakukan secara online melalui Sistem Laporan Kantor Pusat Bank Umum (LKPBU).

Menurut peraturan yang dikutip dari situs BI, Senin (3/3/2008), pokok perubahan dalam PBI ini adalah untuk setiap laporan triwulanan penyelesaian pengaduan nasabah bagi bank umum dilakukan secara online, dari sebelumnyasecara manual.

Namun aturan ini dikecualikan untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan BPR Syariah (BPRS) yang tetap dilakukan manual.

Untuk BPR dan BPRS yang berkantor pusat di wilayah kantor pusat BI, masing-masing menyampaikan laporannya ke Direktorat Kredit BPR, UMKM dan Direktorat Perbankan Syariah.

Sementara BPR dan BPRS yang berkantor pusat di daerah menyampaikan laporan kepada kantor Bank Indonesia setempat.
(qom/ir)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut