detikfinance

Beli BII, Saham Maybank Anjlok

Nurul Qomariyah - detikfinance
Kamis, 27/03/2008 09:59 WIB
Halaman 1 dari 2
Kuala Lumpur -Rencana akuisisi saham PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) membuat harga saham Malayan Banking Berhard (Maybank) anjlok. Investor mengkhawatirkan prospek Maybank atas akuisisi besar-besaran itu.

Seperti diketahui, Maybank membeli saham konsorsium Sorak di BII yang mencapai 55,8% dengan nilai US$1,5 miliar. Sesuai ketentuan, Maybank akan melanjutkannya dengan tender offer sisa saham 44,3% senilai US$ 1,2 miliar. Secara total, 100% saham BII akan dibeli Maybank senilai US$ 2,7 miliar.

Harga yang ditawarkan oleh Maybank itu cukup tinggi, jika dibandingkan rata-rata harga pasar.Temasek cs pun menikmati untung yang berlipat-lipat dari penjualan saham BII itu.

Konsorsium Sorak yang berisi Temasek dkk, membeli saham BII dari BPPN pada tahun 2003 silam. Sekitar 5 tahun lalu, konsorsium Sorak membeli 51% saham BII dengan harga hanya Rp 1,9 triliun. Total yang diterima BPPN dari pelepasan saham BII melalui strategic sale 51% dan market placement 20% mencapai Rp 2,67 triliun.

Konsorsium Sorak memiliki 55,85% saham BII. Konsorsium Sorak dimiliki oleh anak usaha Temasek Holdings, Fullerton Financial Holdings Pte Ltd (FFH) 75% dan Kookmin Bank 25%.

Terkait rencana pembelian saham BII itu, saham Maybank pada perdagangan kemarin dihentikan sementara oleh Bursa Malaysia. Suspensi saham sudah dicabut pada perdagangan hari ini.

Namun setelah dibuka, pada perdagangan Kamis (27/3/2008) harga saham Maybank sempat merosot hingga 10,6% atau 95 sen. Namun pada pukul 10.00 waktu setempat, saham Maybank berada di kisaran RM 8,45 atau turun 50 sen. Dalam satu jam perdagangan, saham Maybank yang ditransaksikan mencapai 14,81 juta lembar saham pada kisaran harga RM 8-8,45. Sebelum disuspen, harga saham Maybank berada di kisaran RM 8,95.Next

Halaman 12
(qom/ir)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut