detikfinance

Daihatsu Gran Max Bidik Pasar Mobil Angkot

Suhendra - detikfinance
Rabu, 06/08/2008 09:01 WIB
Daihatsu Gran Max Bidik Pasar Mobil Angkot (Foto: Daihatsu)
Jakarta -PT Astra Daihatsu Motor (ADM) agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Daihatsu merambah pasar mobil yang diperuntukan bagi segmen angkutan kota (angkot). Sejak Maret 2008, Daihatsu memproduksi spesifikasi mobil andalannya yaitu Gran Max angkot.

Hingga kini di Jabodetabek, khususnya di Jakarta Selatan, sudah mulai banyak Gran Max angkot yang lalu lalang di jalan Raya. Bagi Daihatsu sendiri, langkah ini bagian dari perluasan segmentasi dari produk Gran Max.

Demikian disampaikan oleh Direktur Penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra saat dihubungi detikFinance, Selasa (5/8/2008).

"Segmen angkot sangat cocok dengan konsep Gran Max dimana Gran Max diposisi mobil yang memiliki kapasitas penumpang yang banyak," jelasnya.

Sejak beberapa bulan lalu, sebagai langkah pertama ADM mulai bekerjasama dengan pengusaha angkot yang bernama Etty, yang terkenal sebagai juragan angkot terbesar di Jakarta, yang memiliki rute-rute gemuk di Jabodetabek.

"Daihatsu enggak mau main langsung di karena harus berhubungan dengan pemerintah, kita tunjuk Hj Etty sebagai distributor resmi produk angkot, ia memiliki hak eksklusif memasarkan angkot di Jabodetabek," jelasnya.

Pada Maret lalu, Daihatsu telah melepas 500 unit Gran Max angkot di Jakarta, ditargetkan setiap bulannya 200 sampai 300 unit Gran Max angkot bisa terjual di pasar nasional.

"Bisnis angkot bisnis yang mulai senja, angkot masuk di daerah pinggiran, pasarnya masih besar. Apalagi sekarang pemerintah menggalakan angkutan massal," ucap Amel.

Dikatakannya pasar angkot secara nasional setiap bulannya bisa mencapai 1.000 unit yang mencakup dari berbagai pemain termasuk Suzuki, Mitsubishi dan Daihatsu.

Mengenai harga Gran Max angkot, Amelia enggan mengatakannya karena biasanya harga mobil angkot setiap di daerah berbeda karena sudah termasuk dengan harga izin rute angkot. Namun ia merinci secara umum, harga Gran Max angkot berkisar Rp 70 jutaan di luar izin rute.

Mobil yang berpenumpang 11 orang ini, menurut Amel sangat berbeda dengan spesifikasi mobil angkot lainnya, karena ruang kabin yang lebih luas dan lega. Sehingga para penumpang bisa leluasa berada di dalam kabin.

Sejak diproduksi tahun lalu Daihatsu Gran Max telah dikembangkan menjadi 8 spesifikasi segmen tarmasuk untuk angkot, ambulance, pick up, box, minibus, penumpang keluarga dan lain-lain.

Amelia mengaku penjualan Gran Max untuk semua segmen melonjak tajam atau di luar perkiraan pihak Daihatsu. Pada awal tahun Gran Max ditargetkan bisa diproduksi hanya 2.300 unit perbulan, namun dengan membludaknya permintaan produksi Gran Max telah mencapai 3.600 unit per bulannya.

Hingga Januari sampai Juni penjualan Gran Max telah terjual 16.532 unit, penjualan bulan Juli mencapai 3.600 unit lebih dengan komposisi Gran Max angkot terjual 1.000 unit. Untuk pasar ekspor ke Jepang Gran Max telah dijual hingga 1800 sampai 2.000 unit per bulannya.
(hen/ir)

Foto Video Terkait


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut