detikfinance

Raja Motor, Mewaralabakan Pernak-pernik Sepeda Motor

Angga Aliya - detikfinance
Jumat, 22/08/2008 09:19 WIB
Halaman 1 dari 4
http://us.images.detik.com/content/2008/08/22/480/Otobursa_2008_A7-260x246.jpg Foto: Raja Motor
Jakarta -Bisnis waralabawa atau franchise sepertinya tidak pernah mati. Banyak sekali jenis barang yang ditawarkan oleh sebuah waralaba, mulai dari makanan hingga peralatan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah waralaba aksesoris dan suku cadang sepeda motor bernama Raja Motor milik Erie R Nugraha.

"Saya memulai usaha toko Raja Motor ini sejak 11 Maret 1996 silam," ujar si empunya waralaba Raja Motor saat dihubungi detikFinance, Kamis (8/8/2008).

Erie pun terjun ke bisnis tersebut bukan kebetulan, ia terinspirasi oleh bisnis serupa milik ayah mertuanya di Surabaya. Namun menurut Erie, konsep awal toko tersebut masih berupa toko aksesoris motor konvensial layaknya milik ayah mertuanya, bukan berupa swalayan seperti sekarang.

Bahkan toko tersebut awalnya belum menjual suku cadang motor. Hingga pada tahun 2000, Eri memutuskan untuk melebarkan sayap dengan cara menjual suku cadang sepeda motor berbagai merek dan menjualnya secara grosir. Sampai saat ini konsep tokonya masih belum banyak berubah.

Erie mulai berpikir untuk merombak konsep tokonya menjadi 'modern market' pada tahun 2005. "Konsep modern market lebih praktis, juga lebih disukai konsumen," jelasnya.

Erie juga mulai menggenjot pendapatannya dengan cara memasukkan produk-produknya ke beberapa outlet modern market seperti Alfa Supermarket dan Rumah Matahari.

Melihat peluang bisnisnya akan semakin maju, Erie memutuskan untuk membuat waralaba atas bisnisnya yang sudah dilakoninya lebih dari sepuluh tahun yang lalu tersebut. "Pada tahun 2007 saya memutuskan untuk membuat waralaba Raja Motor," ungkapnya.Next

Halaman 1234
(qom/ddn)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close