detikfinance

Pertamina Geothermal Produksi Panasbumi 10 MWe di Lampung

Alih Istik Wahyuni - detikfinance
Jumat, 21/11/2008 16:45 WIB
http://us.images.detik.com/content/2008/11/21/4/pertamina-geothermal-dalam.jpg Foto: Pertamina Geothermal
Jakarta -PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil memproduksi uap panas bumi sebesar 10 MWe dari uji produksi sumur UBL 3, desa Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung pada hari Rabu 19 November 2008.

Produksi uap dari sumur UBL 3 ini baru langkah awal dari pengembangan panasbumi di lokasi tersebut yang potensi cadangannya mencapai 300 MWe.

Demikian disampaikan Humas Pertamina Geothermal Energy Adiatma Sardjito dalam keterangan persnya, Jumat (21/11/2008).

"Sumur UBL 3 merupakan salah satu dari 15 sumur didaerah Ulubelu untuk pembangkitkan listrik 2x55 MWe. Potensi cadangan panasbumi didaerah ini mencapai 300 MWe," katanya.

Untuk tahap pertama PT PGE akan memasok uap ke pembangkit listrik PT PLN yaitu PLTP unit 1 & 2. Untuk pengembangan selanjutnya maka akan diusahakan secara total project oleh PT PGE.

Sumur UBL 3 memiliki kedalaman pemboran berarah hingga 2320 mku (meter kedalaman ukur), temperature di reservoir 260 C dengan resevoar bertipe dominasi air. Pemboran pada sumur ini dimulai pada tanggal 31 Maret dan selesai pada tanggal 31 Mei 2008, dikerjakan oleh tenaga ahli dari dalam negeri.

PT PGE merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina (persero) yang bergerak dalam bidang pengelolaan energi panasbumi. PT PGE menghasilkan listrik sebesar 252 MWe yang berasal dari lapangan panasbumi Kamojang, Lahendong, Sibayak. Saat ini PT PGE juga sedang melakukan eksplorasi diberbagai daerah seperti Lumut Balai (Sumatra selatan), HuluLais (Bengkulu), Sungai Penuh (Jambi). Diharapkan pada jangka waktu 5 tahun kedepan PT PGE dapat menghasilkan listrik sebesar 800 MWe.

(lih/qom)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut