detikfinance

Ultah ke-51, Pertamina Dapat Kado Minyak Blok Cepu

Alih Istik Wahyuni - detikfinance
Kamis, 04/12/2008 11:14 WIB
Jakarta -Pertamina akan merayakan ulang tahunnya yang ke-51 pada tanggal 10 Desember 2008. Namun ulang tahun BUMN migas ini akan berbeda dengan biasanya karena akan mendapat kado berupa produksi awal dari blok migas Cepu, Jawa Timur.

Demikian disampaikan Presiden Direktur Petamina Cepu Salis Aprilian ketika dihubungi detikFinance, Kamis (4/12/2008).

"Ya, insyaallah blok Cepu bisa memberikan 'tetes pertama minyak' (first oil production) pada 10 Desember 2008," katanya.

Namun ia menjelaskan produksi dari blok Cepu yang dimulai tanggal 10 Desember nanti masih berupa 'intermittent production' atau terputus-putus karena bisa berhenti dan kemudian mulai lagi dalam interval tertentu.

Dengan pola yang seperti itu, maka produksi yang dihasilkan memang tidak bisa sebanyak produksi yang terus menerus. Secara komulatif, produksi minyak dari Cepu selama produksi awal yang berlangsung hingga Januari 2009 diperkirakan sekitar 5.600 barel.

"Kumulatif produksi minyak selama first oil production sampai bulan Januari 2009 hingga 5.600 barel," tambahnya.

Blok Cepu merupakan blok migas yang dikelola Pertamina bersama MobilCepu Ltd (MCL) yang merupakan anak usaha ExxonMobil Indonesia. Blok ini memang ditargetkan bisa berproduksi pada bulan ini dengan tingkat produksi sekitar 10.000-20.000 barel per hari.

Namun baik Pertamina dan Exxon selalu menyatakan produksi dari blok Cepu terhalang masalah pembebasan lahan.
(lih/qom)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 03/08/2014 18:18 WIB
    Ini Penyebab Klaim Asuransi Kecelakaan Tak Bisa Cair
    Beberapa kasus ada saja pemegang asuransi kecelakaan yang sulit mencairkan klaimnya. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klaim asuransi kecelakaan sulit atau bahkan tak bisa cair.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut