detikfinance

Demutualisasi BEI Tidak Prioritaskan Asing

Indro Bagus SU - detikfinance
Jumat, 03/07/2009 11:57 WIB
http://us.images.detik.com/content/2009/07/03/6/Ito1-dalam.jpg Ito Warsito (Foto: Indro/detikcom)
Jakarta -Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan rencana demutualisasi tidak akan memprioritaskan investor asing. Jika demutualisasi jadi terlaksana, kepemilikan saham di BEI akan dibatasi, termasuk untuk investor asing.

"Kepemilikan asing atas saham BEI kemungkinan akan dibatasi, supaya BEI tidak dikendalikan oleh pihak-pihak tertentu saja," ujar Direktur Utama BEI, Ito Warsito di kantornya, SCBD, Jumat (3/7/2009).

Saat ini BEI sedang mengkaji kemungkinan melakukan demutualisasi. Rencana ini masuk dalam 20 program yang dicanangkan jajaran direksi baru BEI saat kampanye beberapa waktu lalu.

Demutualisasi akan memberikan kesempatan bagi investor untuk memiliki saham di BEI. Saat ini, berdasarkan undang-undang pasar modal yang berlaku, kepemilikan saham di BEI hanya diperuntukkan bagi perusahaan sekuritas atau anggota bursa (AB).

Oleh sebab itu, untuk mewujudkan demutualisasi, BEI harus memperoleh persetujuan DPR agar mau mengubah undang-undang pasar modal yang berlaku sekarang.

Jika demutualisasi terwujud, berbagai pihak bisa ikutan memiliki saham BEI seperti emiten, pemerintah dan asing. Sempat berkembang wacana bahwa demutualisasi akan mendorong asing berbondong-bondong membeli saham BEI.

Kekhawatiran pelaku pasar adalah demutualisasi akan membuat asing bisa mengendalikan BEI. Namun Ito mengatakan BEI sedang mengkaji melakukan pembatasan untuk asing jika demutualisasi dapat terwujud nantinya.

"Tentu mekanismenya seperti apa nanti akan kita bahas lagi, seperti apakah akan ada pembatasan bagi kepemilikan saham di BEI dan sebagainya. Tujuannya supaya tidak ada pihak-pihak yang bisa mengendalikan BEI," ujarnya.
(dro/qom)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.
  • Gb Senin, 21/07/2014 20:59 WIB
    Pilih Tak Mudik, CT: Saya Tak Punya Kampung
    Bagi para perantau, kegiatan mudik Lebaran sudah menjadi tradisi setiap tahun. Namun bagi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, kegiatan mudik tak berlaku.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut