detikfinance

Volatilitas IHSG Terseret Laju Ekstrem Bakrie 7

Indro Bagus SU - detikfinance
Kamis, 29/10/2009 17:23 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2009/10/29/6/bakrie-reuters-luar.jpg (foto: Reuters)
Jakarta -Saham-saham Bakrie 7 kembali berulah ekstrem pada perdagangan hari ini. Setelah ambruk pada perdagangan tadi pagi, menjelang penutupan, penguatan IHSG memberikan angin segar pada seluruh perdagangan saham. Koreksi tajam IHSG pun menipis.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (29/10/2009), saham-saham Bakrie 7 jatuh tajam dan memberikan sentimen yang sangat negatif pada seluruh perdagangan, menyeret IHSG ambruk 119,297 poin (5,09%) ke level 2.235,387.

Hampir seluruh saham baik saham raksasa maupun saham kecil ambruk pada sesi I tadi pagi. Sesaat setelah pembukaan, hanya 4 saham yang berada di teritori positif, sisanya berada di teritori negatif.

Ada dugaan kalau kejatuhan ini terkait dengan adanya aksi jual paksa (forced sell ) oleh sejumlah sekuritas terhadap portofolio nasabah-nasabahnya yang sudah memasuki batas Margin Call. Maklum saja, IHSG telah memasuki tren penurunan (bearish ) selama dua pekan.

Menurut sejumlah pelaku pasar, sangat mungkin kalau kejatuhan seketika level IHSG dalam waktu singkat dan transaksi tipis itu merupakan aksi forced sell yang dilakukan secara massal dalam waktu yang berdekatan. Apalagi, transaksi asing pun saat awal sesi I tidak tampak terlalu aktif.

Nah, saham-saham Bakrie 7 yang memang seluruhnya masuk dalam daftar saham yang bisa ditransaksikan dengan fasilitas marjin, sangat mungkin menjadi saham yang paling banyak terkena forced sell .

Seluruh saham Bakrie 7 ambruk tajam di sesi I. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sempat jatuh ke Rp 2.150, turun Rp 250 (10,41%), PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) sempat jatuh ke Rp 87, turun Rp 9 (9,37%), PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) sempat jatuh Rp 40 (16,32%) ke Rp 205, PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) sempat jatuh rp 25 (9,25%) ke Rp 245.Next

Halaman 12
(dro/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut