detikfinance

Harga Emas Perhiasan Turun Jelang Akhir Tahun

Ramdhania El Hida - detikfinance
Sabtu, 26/12/2009 12:49 WIB
http://us.images.detik.com/content/2009/12/26/4/Emas-reuters-dalam.jpg Foto: Reuters
Jakarta -

Pada akhir tahun, harga emas menurun diiringi dengan penurunan jual beli emas, dari harga normal Rp 350 ribu per gram untuk emas 24 karat, saat ini harga turun Rp 20 ribu-30 ribu per gram.

Hal ini berdasarkan pengamatan detikfinance di Pasar Pagi Rawamangun pagi ini, Sabtu (26/12/2009).

Salah seorang pedagang emas di pasar ini, Nizar, menyatakan harga emas sebelum Natal dan Tahun Baru ini bisa mencapai Rp 350 ribu per gram untuk 24 karat. Namun, tambahnya beberapa hari ini turun hingga Rp 320-330 ribu per gram.

"Dulu kan waktu lebaran sampai Idul Adha, harganya bisa sampai Rp 350 ribu tapi sekarang turun sampai Rp 320 ribu sampai 330 ribu," ujar Nizar.

Menurut padagang asal Pariaman, Sumatera Barat ini, walaupun terjadi penurunan harga tetapi minat masyarakat baik untuk menjual maupun membeli juga menurun sekitar 30%.

"Biasanya bisa 3 orang, kalau lagi banyak bisa 10 orang penjual atau pembeli emas, tetapi sekarang dapat 3 orang saja sudah banyak. Bahkan sehari bisa tidak ada pembeli sama sekali. Ya tidak tentulah, namanya juga rezeki," ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Hendra, yang juga berdagang emas di pasar ini. Untuk harga emas 24 karat turun menjadi Rp 320 per gram. Sedangkan untuk emas 22 karat sekitar Rp 230 ribu per gram.

Sementara emas putih, harganya saat ini sekitar Rp 250 ribu per gram. Dengan harga belinya yang dipotong sekitar Rp 10-20 ribu. Namun, dengan harga yang bisa dikatakan rendah itu, rupanya tidak meningkatkan minat masyarakat untuk membeli emas pada akhir tahun ini.

"Mungkin karena uangnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ujar Hendra.

Hendra menambahkan sampai saat ini minat masyarakat masih pada jenis cincin. Hal ini disebabkan jenis ini biasa dipakai sehari-hari."Kebanyakan cincin untuk dipakai sehari-hari," jelasnya.

(nia/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut