detikfinance

Harga Gula Sentuh Rp 12.000 per Kg

Chaidir Anwar Tanjung - detikfinance
Sabtu, 26/12/2009 13:20 WIB
//images.detik.com/content/2009/12/26/4/sugar-dalam.jpg Foto: Istimewa
Pekanbaru -Harga gula pasir terus melonjak tajam seiring dengan terus melonjaknya harga gula di pasar internasional dan juga kenaikan harga menjelang Natal dan Tahun Baru di akhir tahun ini.

Di Pekanbaru, dalam sepekan ini harga gula pasir melonjak tajam. Harga gula menembus angka Rp 12 ribu per kg. Kenaikan harga gula ini dirasakan sepekan menjelang hari Natal.

Harga gula pasir sebelum menyambut hari Natal dan akhir tahun masih Rp 8.000 per kg. Namun menjelang hari Natal dan tahun baru ini, harga gula terus merangkak naik. Kini di sejumlah pasar di Pekanbaru harga gula pasir telah menembus angka Rp 12 ribu per kg.

"Baru kali ini menjelang hari Natal dan tahun baru harga gula sampai melonjak tinggi. Padahal menyambut hari besar lainnya, belum pernah harga gula mencapai Rp12 ribu per kg," kata Imron (39) pedagang di pasar Arengka, kawasan Panam, Pekanbaru dalam perbincangan dengan detikFinance , Sabtu (26/12/2009).

Menurut Imron, harga yang mereka jual kepada konsumen merupakan harga di pasar. Bisa kemungkinan harga naik bila sampai ke pengecer kecil.

"Harga Rp 12 ribu itu merupakan harga di pasar, bisa jadi harga kembali naik 10 persen bila sampai ke pengecer kecil," kata Imron.

Imron menyebut, sudah menjadi hal yang biasanya menjelang hari besar permintaan gula di pasar meningkat. Bila dibandingkan hari biasa, permintaan gula meningkat sampai 30 persen.

"Tingginya permintaan gula ini, membuat harganya pun melonjak. Namun biasanya kalaupun terjadi lonjakan permintaan, paling mahal harganya cuma Rp10 ribu per kg. Kami juga tidak tahu kok sekarang harganya melonjak tinggi. Sedangkan harga sembako lainnya masih stabil," kata Imron.
(cha/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut