Zat Penambah Oktan Jadi Alternatif Mobil Mewah Pengguna Premium

Nurseffi Dwi Wahyuni - detikfinance
Rabu, 22/09/2010 22:07 WIB
Jakarta -Pemerintah mengakui baru menemukan fenomena banyaknya mobil mewah yang masih menggunakan premium, namun mengakalinya dengan menggunakan zat penambah oktan, agar kualitas bensin yang digunakannya sesuai dengan spesifikasi mobilnya.

"Karena ternyata dari survei yang kami lakukan di masyarakat masih banyak masyarakat yang menggunakan BBM premium tetapi ditambah dengan zat untuk meningkatkan angka oktan atau addictive yang untuk dapat meningkatkan angka oktan. Di mana ini biasanya digunakan mobil mewah," jelas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, Evita Herawati Legowo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/9/2010).

Untuk itu, lanjut Evita, Kementerian ESDM meminta Menteri Keuangan Agus Martowardoyo untuk mengenakan tarif pajak yang tinggi terhadap produk peningkat angka oktan tersebut.

"Kami sudah kirimkan surat dan kami sudah dapatkan respons dari Kementerian Perdagangan. Kita juga akan bicara dengan Kementerian Keuangan dalam hal ini Ditjen Pajak," katanya.

Evita juga mengakui, hingga saat ini masih banyaknya masyarakat yang tidak menyadari mobil pribadi yang diproduksi tahun 2000 ke atas itu seharusnya sudah menggunakan bahan bakar dengan angka oktan minimum 91.

"Sebetulnya ini merugikan konsumen. Karena di sana konsumen akan mengalami penurunan tingkat keefisienan. Dari penelitian yang kita lakukan itu bisa turun sekitar 15%," paparnya.

Untuk itu, imbuhnya, Kementerian ESDM akan terus melakukan sosialisasi dan kampanye pemanfaatan BBM sesuai peruntukkan kendaraan.

"Karena banyak yang belum menyadari hal ini," tambahnya.
(epi/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut