detikfinance

Diguyur Abu Vulkanik Merapi, Borobudur Ditutup untuk Umum

Parwito - detikfinance
Sabtu, 06/11/2010 17:45 WIB
Halaman 1 dari 2
http://us.images.detik.com/content/2010/11/06/10/borobudur-(Parwito)-dalam.jpg Candi Borobudur sedang dibersihkan (Parwito/ detikcom)
Magelang -Candi Borobudur ditutup. Letusan Gunung Merapi membuat kondisi candi yang memiliki luas 185 hektar itu lumpuh total karena diselimuti abu vulkanik.

Setelah letusan hebat pada Jumat (5/11/2010), ratusan pohon yang berada di sekitar candi tumbang serta akses jalan menuju ke candi terhalang. Akhirnya PT Tama Wisata Candi Borobudur (PT TWCB) memutuskan untuk menutup total kawasan Tama Wisata Candi Borobudur Magelang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Unit PT.TWCB, Pujo Suwarno, Sabtu (6/11/2010), saat ditemui detikcom di Hotel Manohara, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur Magelang,Jawa Tengah.

“Letusan paling hebat itu membuat candi dalam kondisi parah dan tidak mungkin untuk diakses. Ketebalan abu vulkanik mencapai 2-4 centimeter,” tegas Pujo.

Pujo menyatakan bersih-bersih candi Borobudur dari abu vulkanik memerlukan waktu yang tidak bisa ditentukan kapan selesainya. Karyawan sebanyak 385 orang di candi langsung dirubah pola kerjanya menjadi shift, satu hari libur dan satu hari kerja.

“Selain karyawan kita juga akan melibatkan unsur pariwisata di sekitar candi seperti pemandu wisata, pedagang di kompleks candi dan warga desa sekitar candi,” ungkap Pujo.

Pujo menjelaskan, untuk para wisatawan yang sudah jauh-jauh hari berencana akan datang ke Borobudur hanya diperkenankan untuk melihat candi dari halaman candi aja.Next

Halaman 12
(gah/gah)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut