detikfinance

Gandeng Rothschild, Bakrie- Recapital Masuk di Bursa London

Indro Bagus - detikfinance
Selasa, 16/11/2010 18:01 WIB
Gandeng Rothschild, Bakrie- Recapital Masuk di Bursa London (Foto: Reuters)
Jakarta -Grup Bakrie bersama rekanannya Recapital Advisors melakukan pencatatan saham jalur belakang (backdoor listing) di Bursa Efek London melalui transaksi tukar guling saham dan akuisisi dengan keluarga Rothschild senilai Rp 27 triliun.

Penandatanganan perjanjian jual beli saham telah dilakukan antara PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), PT Recapital Advisors dan Vallar Plc pada Selasa (16/11/2010). Mekanisme transaksi raksasa senilai Rp 27 triliun ini dilakukan melalui 2 cara, yaitu tukar guling saham dan pembayaran tunai oleh Rothschild.

BNBR akan melepaskan 5,2 miliar (25%) saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) di harga Rp 2.500 per saham atau total senilai Rp 13 triliun kepada Vallar Plc. Perusahaan investasi milik Rothschild ini akan 'membayar' pembelian saham BUMI ini dengan memberikan 90,1 juta saham baru Vallar seharga GBP 10 per saham kepada BNBR.

Dengan transaksi ini, BNBR akan menguasai 43% saham Vallar Plc, sedangkan Vallar Plc akan memiliki 25% saham BUMI.

Recapital, melalui anak usahanya PT Bukit Mutiara yang menguasai 90% saham PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) akan melepaskan 26,175 miliar saham BRAU atau setara dengan 75% saham BRAU kepada Vallar.

Mekanismenya dibagi menjadi 2 cara, Vallar akan membeli 12,215 miliar (35%) saham BRAU di harga Rp 540 per saham secara tunai dengan total Rp 6,596 triliun, sedangkan sisanya sebanyak 13,960 miliar (40%) saham BRAU akan ditukar guling dengan 52,2 juta saham baru Vallar atau setara dengan 24,9% saham Vallar.

Usai transaksi ini, kepemilikan Bukit Mutiara di BRAU tersisa 15% saham, sedangkan Vallar menguasai 75% saham BRAU. Transaksi ini juga menyebabkan terjadinya perubahan pengendali saham, sehingga Vallar wajib melakukan tender offer atas sisa saham publik BRAU di harga Rp 540 per saham.

Konsolidasi raksasa ini menyebabkan BNBR dan Bukit Mutiara menjadi induk usaha Vallar, dimana Vallar akan menguasai 25% saham BUMI dan 75% saham BRAU. Vallar pun akan berganti nama menjadi Bumi Plc.

Skema ini membuat kelompok bisnis grup Bakrie dan Recapital bersama-sama merambah bursa London. Vallar merupakan perusahaan investasi milik keluarga Rothschild yang merupakan bankir terkaya di dunia. Vallar baru saja menggelar IPO raksasa di Bursa London senilai US$ 1,07 miliar atau sekitar Rp 9 triliun pada Juli 2010.

Secara otomatis, BNBR akan menjadi pengendali baru Vallar atau yang akan diberi bendera Bumi Plc. Struktur pemegang saham Bumi Plc terdiri atas BNBR 43%, Bukit Mutiara 24,9%, pemegang saham pendiri 3,8% dan pemegang saham publik 28,3%.

Sebagai pengendali penuh, BNBR memiliki kewenangan untuk menempatkan orang-orang kepercayaan Bakrie di pucuk-pucuk pimpinan, tentunya grup Recapital tak ketinggalan juga boleh menempatkan orang-orangnya.

Berikut daftar calon-calon manajemen Vallar/Bumi Plc:

  • Chairman : Indra Bakrie.
  • Co-Chairman : Nathaniel Rothschild.
  • Deputy Chairman : Sir Julian Horn Smith.
 
  • CEO : Ari Saptari Hudaya.
  • Finance Director : Andrew Beckham.
  • Business Development and Strategy Director : James Campbell.
  • Non Executive Director : Rosan P Roeslani.
 

 

 
(dro/qom)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut