detikfinance

Perbankan Syariah Dunia Terapkan Transaksi Hedging

Herdaru Purnomo - detikfinance
Senin, 13/12/2010 14:22 WIB
Halaman 1 dari 2
Perbankan Syariah Dunia Terapkan Transaksi Hedging (Foto: Dok detikFinance)
Jakarta -Dewan Pasar Keuangan Syariah Internasional (International Islamic Financial Market/IIFM) akan meuncurkan fasilitas lindung nilai (hedging) bagi industri perbankan syariah dunia. Nantinya seluruh industri perbankan syariah termasuk bank syariah di Indonesia dapat menggunakan fasilitas hedging syariah pada semester I-2011.

Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia Mulya Siregar mengatakan, fasilitas hedging ini akan tertuang dalam Master of Agreement (MA) yang ditandatangani masing-masing anggota IIMF di Jakarta.

"Master Agreement ini dibuat IIFM agar bank syariah di dunia dapat melakukan transaksi-transaksi hedging," ujar Mulya dalam konferensi persnya di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (13/12/2010).

Mulya menjelaskan, fasilitas hedging saat ini memang hanya digunakan oleh bank konvensional saja tetapi belakangan karena kurs yang bergejolak industri perbankan syariah sangat membutuhkan fasilitas tersebut.

"Ini diperlukan perbankan syariah untuk menghadapi risiko-risiko, nantinya akan memudahkan pelaku pasar bank syariah untuk bertransaksi yang berhubungan dengan kurs sehingga lebih efisien," tambahnya.

Ditempat yang sama, Chairman IIFM Khalid Hamad mengungkapkan, populasi masyarakat muslim di dunia sangat besar. Oleh karena itu ia mengatakan, IIFM terus bekerja keras untuk mengembangkan produk pasar keuangan syariah untuk terus tumbuh.

"Kita buat working grup untuk produk yang diminati market, Sehingga bank juga bisa mengembangkan studi yang dapat memitigasi juga risikonya," tuturnya.Next

Halaman 12
(dru/ang)





Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Tips Sukses Investasi Saham Dari Eyang Ratman Sabtu, 07/03/2015 15:20 WIB
    Tips Sukses Investasi Saham Dari Eyang Ratman
    Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang mampu memberikan return atau imbal hasil yang tinggi bagi investor. Ini tips investasi saham dari Eyang Ratman.
  • Mantan Dirut Bank Mandiri ECW Neloe Tutup Usia Selasa, 05/05/2015 11:18 WIB
    Mantan Dirut Bank Mandiri ECW Neloe Tutup Usia
    Bankir Indonesia ECW Neloe meninggal dunia pagi tadi pukul 08.40 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Neloe berpulang di umur 71 tahun.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut