detikfinance

Waspadai Call Center BCA Palsu!

Herdaru Purnomo - detikfinance
Rabu, 12/01/2011 07:57 WIB
Waspadai Call Center BCA Palsu!
Jakarta -"Halo BCA Untuk Informasi dan Keluhan Hubungi (021) 4549-5888". Pernahkah anda menemukan keterangan seperti itu disebuah mesin ATM milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ?

Jangan sekalipun anda percaya ataupun menghubunginya ketika anda menemukan masalah ketika bertransaksi melalui ATM. Karena, keterangan yang di desain sedemikian rupa sehingga mirip keterangan resmi tersebut merupakan rekayasa dan palsu alias "Hoax'.

Berdasarkan temuan detikFinance di salah satu ATM BCA yang terletak didepan Minimarket AlfaMart di Kompleks Perumahan Pondok Cipta, Bekasi, Jawa Barat Rabu (12/1/2011) ternyata terpampang stiker yang mirip sebuah keterangan resmi dengan desain yang 'nyaris' sempurna.

Dengan menunjukkan tampilan logo BCA dan logo penerbit seperti Master Card, Visa, Link bahkan Logo Bank Indonesia akan mengecoh nasabah ketika membaca keterangan tersebut.

Keterangan tersebut diletakkan persis disisi tombol angka dan konfirmasi dimana setiap nasabah pasti akan melihatnya. Sebagai informasi, call center BCA berdasarkan situs resmi BCA www.klikbca.com dan keterangan dibalik kartu ATM BCA yakni bernomor telepon (021) 500-888. Ketika melihat nomor 'hoax' tersebut dimana juga memiliki 3 digit terakhir 888 pasti dapat mengecoh nasabah ketika tidak jeli.

Kepala Biro Sistem Pembayaran Bank Indonesia Aribowo mengatakan penipuan melalui call center palsu memang kian marak belakangan. Menurut Aribowo, nasabah ketika mengalami kepanikan akibat transaksi gagal ataupun kartu yang tertelan biasanya akan mencari keterangan disekitar ATM.

"Nah biasanya nasabah akan menelepon nomor yang ada disekitar ATM dan itu biasanya sudah disusun sedemikian rupa yang nantinya akan meminta nomor PIN dan nomor kartu nasabah. Padahal disitu sudah diatur bahwa memang secara sengaja kartu dibuat tidak keluar atau tertelan," jelas Aribowo.

Dengan mengetahui PIN, Aribowo mengatakan dengan mudahnya si pelaku alias penipu tersebut dalam waktu singkat akan menindaklanjutinya dengan menguras habis isi ATM. Oleh karena itu Ia menghimbau kepada masyarakat yang melihat hal yang mencurigakan di ATM atau terasa janggal untuk mengubungi bank yang bersangkutan atau kepada pihak kepolisian.

Ketika detikFinance mencoba untuk menghubungi nomor tersebut ternyata tidak dapat tersambung. Nomor tersebut tersambung ke kotak suara atau mailbox sebuah operator selular. Demikian suara mailbox nomor 021 4549-888 "Mailbox Telkom Flexi, Untuk Meninggalkan Pesan Tekan 1".

Para nasabah berhati-hatilah....

(dru/qom)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut