detikfinance

Harga Batu Bata Terus Merayap Naik

Ade Irawan - detikfinance
Jumat, 25/02/2011 11:36 WIB
Jakarta -Harga batu bata merah terus merayap naik karena faktor curah hujan yang tinggi dan kelangkaan sekam di sentra-sentra batu bata. Misalnya saja harga batu bata merah di Jakarta sudah mencapai Rp 425 per potong padahal harga sebelumnya masih di kisaran Rp 300 per potong.

Saiful pemilik Toko Makmur Haji Juki Ampera Jakarta Selatan mengatakan tokonya kini sudah menjual harga batu batu seharga Rp 425 per potong. Harga ini dipastikan akan kembali naik sejalan berkurangnya suplai batu bata ke sejumlah toko bahan bangunan (material).

"Harga batu bata kemarin Rp 425 per potong kalau suplai batu bata per hari nggak jelas kita dapatnya segitu, kita jual segitu. Nggak ada pemberitahuan, dalam waktu dekat harga ini akan naik lagi," kata Saiful saat ditemui detikFinance, Jumat (25/2/2011)

Ia menambahkan kenaikan harga batu bata ini disikapi beragam oleh para konsumen yang akan membangun rumah. Menurutnya bagi konsumen yang baru akan membangun rumah pastinya akan terkaget-kaget dengan melonjaknya harga batu bata saat ini.

"Konsumen pada kaget kalau yang baru bangun, mereka akan bilang mahal," tukasnya

Menurutnya jika ada pembatasan BBM bersubsidi, ia memperkirakan akan terjadi dampak yang signifikan pada harga-harga bahan bangunan termasuk batu bata. Sebagai pemilik toko bangunan, jika ada kenaikan harga beli ia hanya akan meneruskan kenaikan  itu ke konsumen.

"Yang dibuat pusing itu agen, yang nganter. Saya cuma ngikutin," katanya

Mengenai harga bahan bangunan lainnya saat ini, kata dia masih relatif stabil seperti semen dijual dengan kisaran harga Rp 54.000-55.000 dengan ukuran 50 Kg, sementara ukuran 40 Kg dijual dengan harga Rp 44.000-45.000.

"Biasanya perbedaan harga antar merek cuma Rp 500-1000 per sak," jelasnya.
(hen/dnl)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut