detikfinance

PLN Gratiskan Penambahan Daya Listrik Sampai 2200 VA

Akhmad Nurismarsyah - detikfinance
Minggu, 06/03/2011 14:00 WIB
Jakarta -PT PLN (persero) menyediakan layanan tambah daya listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA yang naik daya ke 1300 VA atau 2200 VA. Layanan tambah daya gratis ini mulai berlaku per Maret 2011.

Demikian disampaikan oleh Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN, Bambang Dwiyanto dalam siaran persnya yang diterima detikFinance, Jakarta (6/3/2011).

''Layanan ini berlaku sejak Maret 2011. PLN memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk dapat menikmati listrik dengan daya lebih besar sehingga bisa lebih bebas dan nyaman dalam menggunakan listrik untuk berbagai kebutuhan,'' katanya.

Bambang menyampaikan, sebelumnya PLN melayani penyambungan listrik baru bagi pelanggan yang sudah mengantri sejak lama. Kali ini PLN berjanji untuk memberikan penambahan daya bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA terutama bagi pelanggan rumah tangga.

''Berdasarkan data pemakaian listrik pelanggan tiap bulan, terlihat banyak sekali pemakaian listrik pelanggan 450 VA dan 900 VA dengan tinggi,'' ucap Bambang.

Kemudian, lanjutnya, tingginya pemakaian listrik oleh pelanggan tersebut diakibatkan oleh semakin banyaknya peralatan listrik rumah tangga yang harganya relatif murah. ''Saat ini di pasaran sudah ada penyejuk ruangan (AC) yang kebutuhan daya listriknya rendah dan terjangkau harganya, Maka itu, tidak heran jika pelanggan 900 VA sudah memakai AC di rumah. Akibatnya, kalau daya listrik yang digunakan pelanggan melebihi daya sambungnya, listrik akan langsung jepret,'' paparnya.

Kondisi tersebut, menurut pihak PLN akan mengganggu kenyamanan dan peralatan listrik akan bekerja tidak optimal. Oleh karena itu PLN memberikan solusi dengan memperbesar daya menjadi 1300 VA atau 2200 VA.

''Permasalahannya, biaya tambah daya listrik dianggap masih mahal. Bila dari 900 VA diperlukan biaya Rp 300.000 untuk menjadi 1300 VA. Sedangkan untuk menjadi 2200 VA dibutuhkan biaya Rp 975.000,'' lanjut Bambang.

Oleh karenanya, PLN berjanji untuk menggratiskan biaya tambah daya listrik, disamping nantinya perusahaan listrik BUMN tersebut akan dapat pendapatan tambahan karena kenaikan tarif listrik bila ada kenaikan daya listrik.

''Tarif listrik 1300 VA atau 2200 VA lebih tinggi dibanding 450 VA atau pun 900 VA. Tambahan pendapatan ini nantinya juga berdampak positif karena subsidi listrik yang diberikan pemerintah dapat berkurang dan dialihkan untuk perbaikan ke sektor lain,'' kata Bambang.

Lalu, diperkirakan bahwa sebanyak sejuta pelanggan daya 450 VA dan sejuta pelanggan daya 900 VA, terutama yang berada di pulau Jawa akan memanfaatkan kesempatan ini. ''Itu demi kenyamanan pemakaian listrik sekaligus kontibusi untuk bantu keuangan negara,'' tambah Bambang.

(nrs/dru)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • CEO Arianespace: Peluncuran Satelit BRI dan Rekor Baru Selasa, 21/06/2016 06:52 WIB
    Wawancara Khusus CEO Arianespace
    CEO Arianespace: Peluncuran Satelit BRI dan Rekor Baru
    BRI mengukir sejarah baru perbankan dunia, menjadi bank yang memiliki satelit pertama di dunia. Peluncuran satelit bernama BRIsat ini dibantu oleh Arianespace.
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close