detikfinance

Produsen Sozzis dan So Nice Dijual US$ 100 Juta

Angga Aliya - detikfinance
Selasa, 26/04/2011 15:20 WIB
Jakarta -PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) berniat melepas salah satu anak usahanya, PT So Good Food, produsen makanan olahan seperti Sozzis dan So Nice. Nilai penjualannya ditaksir sebesar US$ 100 juta.

Seperti dikutip dari prospektus ringkas perseroan, Selasa (26/4/2011), pihak yang akan membeli So Good adalah sister company perseroan, yaitu Jupiter Foods Pte Ltd dan Annona Pte Ltd, dua perusahaan yang dimiliki oleh Malvolia Pte Ltd, pemegang 58,32% saham JPFA.

Perseroan menyatakan perjanjian jual beli saham So Good efektif pada 31 Mei 2011 mendatang. Nilai transaksi sebesar US$ 100 juta itu mencerminkan Price Earning Ratio (PER) sebesar 17 kali dari laba bersih So Good tahun 2010.

Dengan demikian, nilai transaksi ini menjadi lebih tinggi dari nilai perusahaan So Good pada 31 Desember 2010 yang hanya sebesar US$ 93,91 juta.
     
Saat ini Japfa menguasai saham So Good hanya sebesar 0,08% melalui kepemilikan saham secara langsung. Namun, usaha JPFA, PT Ciomas Adisatwa memiliki 99,92% saham So Good.

Tahun lalu, kontribusi So Good terhadap pendapatan Japfa hanya sebanyak 11% dari total pendapatan sebanyak Rp 13,96 triliun. Divisi perunggasan masih menjadi kontributor pendapatan perseroan dengan kontribusi hingga sebanyak 70%.

Hal inilah yang menjadi tujuan perseroan melepas So Good kepada perusahaan saudaranya, supaya Japfa lebih fokus pada bisnis produksi perunggasan yang mencakup pakan ternak dan pembibitan day old chicken.


(ang/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut