detikfinance

10 Pabrik Es Balok Gulung Tikar

Suhendra - detikfinance
Kamis, 12/05/2011 10:42 WIB
Halaman 1 dari 3
//images.detik.com/content/2011/05/12/1036/es.jpg
Jakarta -Industri pembuat es balok mengeluhkan anjloknya permintaan es beberapa tahun terakhir. Melorotnya permintaan membuat banyak pabrik harus gulung tikar karena tergeser pangsa pasar es kristal.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Industri Es (IPIES) Jabotabek Rauzi Taher mengatakan pada tahun 2005 lalu jumlah pabrik es balok di Jabodetabek mencapai 29 pabrik. Namun hingga tahun 2011 ini yang bisa bertahan hanya 19 pabrik saja.

"Sekarang ini pabrik es balok hanya tinggal 19 pabrik di Jabodetabek. Sekarang kita kemana mau mengadu. Penyebabnya banyak faktor, seperti es kristal sudah banyak beredar, daya beli," katanya kepada detikFinance, Rabu malam (11/5/2011).

Saat ini kata dia produksi es balok angotanya rata-rata hanya mencapai 70.000 balok es per hari padahal pada masa kejayaannya beberapa tahun lalu, produksi menembus diatas 125.000 balok per hari.

"Sekarang mereka berproduksi sekitar 60%, saya khawatir 3 tahun lagi bisa akan susut terus," katanya.

Ia menjelaskan permintaan es kristal saat ini memang terus naik menyaingi permintaan es balok. Kemasan es krisital lebih praktis dan lebih bergengsi karena konsumennya meluas ke sektor restoran dan ritel.

"Jujur saja sekarang ini omset kita turun 50%," katanya.Next

Halaman 123
(hen/qom)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut