detikfinance

10 Pabrik Es Balok Gulung Tikar

Suhendra - detikfinance
Kamis, 12/05/2011 10:42 WIB
10 Pabrik Es Balok Gulung Tikar
Jakarta -Industri pembuat es balok mengeluhkan anjloknya permintaan es beberapa tahun terakhir. Melorotnya permintaan membuat banyak pabrik harus gulung tikar karena tergeser pangsa pasar es kristal.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Industri Es (IPIES) Jabotabek Rauzi Taher mengatakan pada tahun 2005 lalu jumlah pabrik es balok di Jabodetabek mencapai 29 pabrik. Namun hingga tahun 2011 ini yang bisa bertahan hanya 19 pabrik saja.

"Sekarang ini pabrik es balok hanya tinggal 19 pabrik di Jabodetabek. Sekarang kita kemana mau mengadu. Penyebabnya banyak faktor, seperti es kristal sudah banyak beredar, daya beli," katanya kepada detikFinance, Rabu malam (11/5/2011).

Saat ini kata dia produksi es balok angotanya rata-rata hanya mencapai 70.000 balok es per hari padahal pada masa kejayaannya beberapa tahun lalu, produksi menembus diatas 125.000 balok per hari.

"Sekarang mereka berproduksi sekitar 60%, saya khawatir 3 tahun lagi bisa akan susut terus," katanya.

Ia menjelaskan permintaan es kristal saat ini memang terus naik menyaingi permintaan es balok. Kemasan es krisital lebih praktis dan lebih bergengsi karena konsumennya meluas ke sektor restoran dan ritel.

"Jujur saja sekarang ini omset kita turun 50%," katanya.

Rauzi menjelaskan para pabrikan es balok hanya mengandalkan penjualan es 20% ke para nelayan. Selebihnya para pembeli ritel untuk kebutuhan konsumsi, pedagang dan lain-lain.

Dari sisi distribusi es balok relatif panjang, biasanya dari pabrik akan melalui agen, lalu dari agen akan ke depot es lalu baru ke konsumen. Hal ini yang membuat harga es balok lebih mahal, sementara es kristal langsung ke konsumen.

"Memang produk es sedang anjlok termasuk es kristal," katanya.

Meski sedang mengalami penurunan, kondisi pabrik es kristal yang saat ini berjumlah 7 pabrik di Jabodetabek masih relatif beruntung. Setiap tahunnya permintaan es kristal terus naik.

"Ada 7 pabrik dengan produksi 250 ton per hari, ini terus meningkat dari tahun ke tahun terus tambah, setahun bisa tambah 1-2 pabrik," katanya.

Persaingan es balok dengan es kristal sangat kentara dari sisi harga. Sebagai perbandingan, harga es kristal dipatok Rp 5.000-7.000 per 20 Kg. Sedangkan harga es balok ditingkat pabrik mencapai Rp 7.500 per balok.

"Harga es balok paling murah di Jabodetabek Rp 7.500 di pabrik, tapi kalau sampai di konsumen sampai Rp 30.000 lebih," katanya.

Menurutnya fenomena melorotnya industri es balok sejalan dengan pergeseran konsumen yang lebih memilih es kristal khususnya untuk segmen atas karena dianggap lebih higienis. Dari sisi pengusaha, ada beberapa anggotanya yang memang pemilik pabrik es balok sebelumnya berpindah menjadi pengusaha es kristal.

"Investasi pabrik es satu pabrik bisa Rp 2 miliar dengan produksi 50 ton per hari, tapi itu tergantung lokasi," katanya.

Rauzi menambahkan ia tidak tahu pasti mengenai kondisi industri es di beberapa wilayah lainnya. Namun saat ini di wilayah lain di Jawa Timur misalnya masih bertahan 100 pabrik es balok.


(hen/qom)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut