detikfinance

Malas Antre di Loket, Beli Tiket KA Bisa di Indomaret

Ade Irawan - detikfinance
Sabtu, 04/06/2011 13:10 WIB
Malas Antre di Loket, Beli Tiket KA Bisa di Indomaret Foto: dok.detikFinance
Jakarta -Untuk orang-orang yang tidak memiliki waktu atau malas mengantre di loket untuk membeli tiket kereta api, tiket kereta api untuk semua jurusan sudah dapat dibeli di Indomaret. Namun, layanan ini baru dapat dilakukan di Indomart wilayah Jabodetabek saja.

Demikian disampaikan Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia (KAI), Sulistyo Wimbo Hardjito ketika dihubungi detikFinance, Sabtu (4/6/2011).

"Sekarang kan di Indomaret sudah bisa beli tiket kereta, tinggal pilih jurusannya saja," ujarnya.

Layanan ini, dinilai Sulistyo, termasuk kemudahan yang diberikan oleh PT KAI kepada para pelanggannya karena gerai Indomaret sendiri telah menjamur di wilayah Jabodetabek dan mudah untuk ditemui di setiap sudut kota.

"Indomaret kan banyak. Di Jakarta saja ada sekitar 60 Indomaret," tuturnya.

Untuk pembelian tiket kereta, calon penumpang tinggal datang saja di gerai Indomaret dan memesan tiket sesuai jurusan. Kemudian penumpang membayar tiket kereta sesuai dengan harga yang tertera di struk pembelian. Calon penumpang harus memeriksa kembali struk pembelian tiket sebelum meninggalkan gerai Indomaret dan simpan struk pembelian dengan baik.

Setelah itu, calon penumpang pergi stasiun kereta untuk menukarkan struk pembelian dengan tiket kereta api. Untuk menukarkan tiket kereta, calon penumpang harus membawa KTP asli dan fotokopi unutk diperlihatkan kepada petugas.

Pembelian tiket kereta api melalui gerai Indomaret akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 7.500.

"Semudah itu kita bisa dapet tiket," imbuhnya.

Dalam situs Indomaret, memang disebutkan pembelian tiket kereta api bisa dilakukan. Namun khusus untuk kelas bisnis dan eksekutif saja. Dan pembelian bisa dilakukan di semua Indomaret di pulau Jawa.

Lebih lanjut Sulistyo menambahkan, pembelian tiket PT KAI dapat dilakukan di kantor pos atau dengan menelpon 121. "Bisa juga lewat kantor pos atau telepon 121," ungkapnya.

Sulistyo menilai, kemudahan yang diberikan PT KAI ini bertujuan untuk menghilangkan calo dalam penjualan tiket kereta. Hasil dari kemudahan yang diberikan ini membuat jumlah calo unutk penjualan tiket berkurang.

"Kalau sekarang tidak ada laporan kan tandanya tidak ada kasus," ungkapnya.

Sulistyo juga menjelaskan, bagi orang yang berhasil menangkap calo akan dihadiahi uang sebesar Rp 500 ribu dan akan diberikan tiket kereta api gratis. Apabila calo tersebut adalah pegawai PT KAI, pegawai tersebut akan langsung dipecat.

"Rp 500 ribu kalau bisa menangkap calo dan diberikan tiket gratis. kalau pegawai PT KAI ketangkap akan langsung dipecat," pungkasnya.


(ade/dnl)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru Index »
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut