detikfinance

SBY Tonton Video Kebrutalan Pemotongan Sapi Australia via TV Singapura

Rachmadin Ismail - detikfinance
Jumat, 10/06/2011 13:30 WIB
//images.detik.com/content/2011/06/10/4/Setpres-dalam.jpg Foto: Setpres
Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku dirinya telah menyaksikan video yang menunjukkan kebrutalan pemotongan sapi Australia di sebuah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Indonesia. SBY meminta pejabat terkait untuk segera menyikapinya dengan serius.

"Saya sendiri menyaksikan rekaman atau kejadian pemotongan hewan di rumah pemotongan hewan di negeri kita, satu dua tempat yang ditayangkan dari televisi di Singapura, Channel News Asia," ujar SBY di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Jumat (10/6/2011).

"Saya kerap mengikuti Channel News Asia karena televisi itu paling sering menyorot hal-hal yang dianggap buruk atau tidak baik di negeri kita. Itu faktanya yang terjadi yang harus kita lakukan mencari solusi menetapkan kebijakan baik jangka pendek maupun panjang," tambah SBY.

Presiden mengaku sebelum bertolak ke Bali, pagi ini sudah memimpin rapat yang dihadiri Menteri Pertanian Suswono, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Rapat itu untuk membahas solusi dan kebijakan pemerintah terkait keputusan pemerintah Australia menghentikan ekspor ternak sapinya ke Indonesia selama 6 bulan, setelah munculnya video penyiksaan di RPH di Indonesia.

"Saya menilai ini sesuatu yang mesti disikapi dan direspons secara sungguh-sungguh oleh pemerintah. Faktanya adalah pemerintah Australia secara resmi telah melarang ekspor sapi ke negeri kita 6 bulan mendatang," ujar SBY.

Seperti diketahui, pada pekan lalu asosiasi industri ternak sapi Australia memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman sapi ternaknya, setelah munculnya dokumen yang menunjukkan sapi-sapi asal Australia itu dipotong dengan cara kejam.

Perihal kekejaman pemotongan sapi Australia di tempat pemotongan hewan Indonesia itu muncul dalam program televisi 'Four Corners' ABC pada Senin (30/5/2011) ini. Dalam tayangan tersebut dimunculkan bagaimana sapi-sapi ternak itu menderita saat dipotong karena matanya dicungkil, kukunya dicopot dan pemotongan lehernya dilakukan secara brutal di 4 tempat pemotongan hewan di Indonesia.
(qom/dnl)





Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut