detikfinance

Lelang Barang Gratifikasi: Emas Paling Laris, Jam Rolex Paling Mahal

Ramdhania El Hida - detikfinance
Selasa, 11/10/2011 15:02 WIB
Jakarta -Pemerintah berhasil meraup dana hingga Rp 145,150 juta dari hasil lelang barang gratifikasi. Pada lelang kali ini, emas menjadi barang paling diminati, sementara jam rolex eks gratifikasi Mentan Suswono tercatat paling mahal.

Kasubdit Pengeloaan Kekayaan Negara III Sugiwanto mengatakan, barang paling laris adalah emas mulia 5 gram dan 3 gram. Dari harga yang dibuka senilai Rp 1,7 juta dan Rp 1 juta, barang bisa terjual dengan harga Rp 2,7 juta dan Rp 1,7 juta. Harga tersebut justru melebihi harga pasar.

"Yang laris itu emas, bahkan bisa melebihi harga sebenarnya. Ya itu karena suasana sudah panas, jadi kita mendapatkan harga yang bagus," ungkapnya di Gedung AA Maramis Kementerian Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (11/10/2011).

Namun, lanjut Sugiwanto, ada 27 barang yang tidak laku terjual. Barang-barang tersebut rata-rata berupa parsel dan sepatu.

"Yang nggak laku, kayak parsel-parsel yang nilainya lebih mahal, sandal wanita, sepatu pria merk Aldo Brue," jelasnya.

Jam rolex eks gratifikasi Mentan Suswono tercatat paling mahal, karena dari harga awal Rp 60 juta, laku hingga Rp 68,5 juta. Jam tangan mahal itu jatuh ke tangan Ujang, seorang kolektor.

Terkait barang-barang yang tidak laku, Sugiwanto mengatakan, berdasarkan PMK nomor 3/PMK 06/2011, barang yang tidak laku tersebut itu bisa dialihkan pemanfaatannya.

"Barang gratifikasi selain dilelang tapi bisa dialihkan pemanfaatannya. Dihibahkan untuk kepentingan sosial atau agama, ada bentuk-bentuk pemanfaatan lain," tegasnya.

Barang-barang tersebut merupakan barang gratifikasi yang diserahkan KPK kepada Kementerian Keuangan guna diadakan lelang. Barang tersebut merupakan hasil laporan para pejebat negara terhadap gratifikasi yang diterimanya sepanjang 2008-2011.

"Kita baru ketemu direktur KPK, dia bilang nanti akan menyerahkan lebih banyak lagi," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kemenkeu hari ini melakukan lelang barang-barang gratifikasi yang sudah ditetapkan KPK. Barang-barang gratifikasi yang telah ditetapakan KPK menjadi milik negara itu sejumlah 84 unit yang terdiri dari jam tangan merek rolex, kalung, laptop merek apple, handycam, iPad, iPod, kamera digital, logam mulia, BlackBerry, pakaian, dan lain-lain.

(nia/qom)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • CEO Arianespace: Peluncuran Satelit BRI dan Rekor Baru Selasa, 21/06/2016 06:52 WIB
    Wawancara Khusus CEO Arianespace
    CEO Arianespace: Peluncuran Satelit BRI dan Rekor Baru
    BRI mengukir sejarah baru perbankan dunia, menjadi bank yang memiliki satelit pertama di dunia. Peluncuran satelit bernama BRIsat ini dibantu oleh Arianespace.
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close