detikfinance

Gaji Pegawai OJK Bisa Lebih Tinggi Dari BI

Herdaru Purnomo - detikfinance
Kamis, 27/10/2011 15:58 WIB
//images.detik.com/content/2011/10/27/5/Logo4-dalam.jpg Foto: dok.detikFinance
Jakarta -Ketua Tim Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan (Pansus RUU OJK) Nusron Wahid mengungkapkan gaji para pegawai OJK nantinya akan mengikuti taraf gaji pegawai Bank Indonesia (BI). Dengan kata lain pegawai Bapepam-LK yang nantinya mengikuti taraf gaji PNS Kementerian Keuangan akan mengikuti gaji taraf pegawai BI bahkan bisa di atasnya.

"Gaji sudah pasti mengikuti pegawai BI dong kan pegawai Bapepam lebih rendah dari BI. Tapi agar ada perbedaan nantinya bisa lebih di atas gaji standar BI," kata Nusron di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/10/2011).

Menurut Nusron tidak perlu khawatir akan gaji baik dari pegawai Bapepam-LK maupun BI khususnya. Karena, sambungnya OJK merupakan lembaga baru yang khusus mengawasi lembaga jasa keuangan yang merupakan pecahan BI dan Bapepam.

"Bapepam dan BI itu tidak perlu khawatir soal beginian. Karena gaji ini pasti selayak-layaknya akan diberikan," kata dia.

Seperti diketahui, BI sendiri baru saja di 2011 mengalami kenaikan gaji. Adapun besaran kenaikan gaji pegawai BI dalam ATBI 2011 yakni:

  • Untuk pegawai dasar gaji pokok naik 15-20%. Jadi untuk pegawai dasar rata-rata gaji pokok naik menjadi Rp 500 ribu hingga Rp 1,4 juta.
  • Untuk pegawai tata usaha dan staf gaji pokok naik 10-15%. Jadi rata-rata gaji pokok pegawai tata usaha naik menjadi Rp 800 ribu hingga Rp 2,1 juta. Untuk staf gaji pokok rata-rata Rp 1,7 juta hingga Rp 4,6 juta.
  • Untuk kepala seksi, deputi kepala bagian, dan kepala bagian gaji pokok naik 7-10%. Jadi rata-rata gaji pokok kepala seksi naik menjadi Rp 2,1 juta hingga Rp 8,3 juta. Untuk deputi kepala bagian rata-rata gaji pokoknya naik menjadi Rp 3,1 juta hingga Rp 12,4 juta. Sementara untuk kepala bagian rata-rata gaji pokoknya naik menjadi Rp 5,6 juta hingga Rp 20,9 juta.
  • Untuk pegawai level deputi direktur dan direktur kenaikan gaji pokoknya 3-7%. Jadi rata-rata gaji pokok deputi direktur adalah naik menjadi Rp 6,9 juta sampai Rp 21,4 juta. Lalu gaji pokok rata-rata direktur naik menjadi Rp 12 juta hingga Rp 36,6 juta.
Semua gaji ini merupakan gaji pokok. Belum termasuk gaji operasional dan lain-lain, serta bahkan tunjangan.

Komisi XI DPR mengungkapkan untuk posisi direktur BI yang gaji pokoknya Rp 12 juta hingga Rp 36,6 juta kalau ditambah gaji operasional bisa mencapai Rp 130 juta.

(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut