detikfinance

Pertamina Siapkan Rp 3 Triliun Bangun Depo Elpiji di Lombok

Kusmayadi - detikfinance
Rabu, 02/11/2011 14:25 WIB
Mataram -Pertamina akan menginvestasikan sedikitnya Rp 3 triliun untuk membangun depo elpiji di Lombok yang berkapasitas 1.500 metrik ton. Kehadiran depo itu diharapkan bisa mengamankan kebutuhan elpiji di Lombok dan kawasan sekitar. Depo dijadwalkan operasi 2012.

"Saat ini kita dalam proses tender. Dalam dua bulan proses tender selesai. Investasi perseroan untuk depo ini antara tiga sampai empat triliun. Seluruhnya itu berasal dari dana internal perseroan," kata Hanggowo Wicaksono, Sales Representatif Elpiji Pertamina Rayon VIII, saat orientasi Pertamina dengan wartawan di Mataram, Rabu (2/11/2011).

Saat ini kata Hanggowo, Pertamina memiliki sembilan titik lokasi pembangunan depo. Empat lokasi ada di Lombok Barat, lima lokasi di Lombok Timur, dan masing-masing satu lokasi di Mataram dan Lombok Utara. Depo memerlukan lahan seluas 4 hektar.

"Pertamina akan memilih satu lokasi terbaik," katanya.

Depo ini tahap awal untuk mengamankan pasokan elpiji di Lombok. Saat ini kebutuhan elpiji di pulau ini masih harus dipasok dari terminal BBM Manggis di Bali. Elpiji diangkut dengan mobil tangki lalu menyeberangi selat Lombok dengan menumpang kapal ferry.

"Pengangkutan dengan mobil tangki dan menyerangi lautan tidak aman untuk menjamin pasokan. Pasokan akan sangat bergantung pada baik buruknya cuaca," kata Hanggowo.

Dua pekan lalu, jetty dermaga terminal BBM Manggis di Bali rusak dihantam ombak, sehingga mengganggu aktivitas bongkar BBM dari kapal tanker.

Pasokan elpiji di Lombok juga sempat tersendat. Akibatnya harga elpiji subsidi ukuran tiga kilogram melambung hingga Rp 20.000 dari harga eceran tertinggi Rp 12.500. Pertamina bahkan sampai harus mendatangkan 70 ribu tabung yang telah diisi di Jawa Timur dan Bali ke Lombok, untuk mengatasi kelangkaan.

Diluar itu pembangunan depo karena Pertamina mempertimbangkan tidak ekonomisnya pengangkutan elpiji dengan mobil tangki. Proyeksi Pertamina, dalam sepuluh tahun, investasi triliunan membangun depo elpiji di Lombok akan sangat menguntungkan, karena bisa mengamankan pasokan elpiji di kawasan.

"Nanti pasokan elpiji di depo akan kita penuhi dari kilang kita di Kalimantan, bahkan bisa langsung kita pasok dari negara tempat kita impor. Kalau sesuai jadwal, pertengahan tahun 2012 depo sudah mulai operasi," kata Hanggowo.

Kebutuhan elpiji di Lombok saat ini memang masih tergolong kecil, karena baru 37 metrik ton sehari. Pengguna elpiji didominasi rumah tangga penerima paket konversi minyak tanah ke elpiji yang kini sudah mencapai 676.883 rumah tangga.

(qom/qom)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut