detikfinance

PLTP Ulumbu Mulai 'Terangi' Flores

Akhmad Nurismarsyah - detikfinance
Jumat, 11/11/2011 18:01 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/11/11/1034/By-Dadan-dalam.jpg Foto: dok.detikFinance
Jakarta -PT PLN (Persero) menyatakan telah berhasil mengalirkan listrik dengan daya sebesar 100 kilowatt (KW) dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu 2x25 MW ke empat desa yang ada di sekitar pembangkit di wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur.

Demikian disampaikan Nur Pamudji Direktur Utama PLN dalam siaran persnya kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (11/11/2011).

Rencananya, akhir November 2011 nanti pasokan listrik dari pembangkit tersebut akan disalurkan ke kota Ruteng, Kabupaten Manggarai. Selanjutnya pada di 2012 mendatang listrik direncanakan sudah dapat menerangi ke Kabupaten lain di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pembangkit listrik bertenaga uap yang dihasilkan dari panas bumi tersebut berlokasi di Desa Wewe, kecamatan satar Mese, Kabupaten Manggarai Tengah, NTT. Berlokasi 22 km sebelah selatan dari Ruteng.

"Uji coba pengoperasian listrik ini memanfaatkan panas bumi Ulumbu yang dimulai dengan pengeboran sumur pertama di tahun 2003. Pengeboran dilanjutkan kemudian pada tahun 2006," lanjutnya.

Semenjak uji coba pada Jumat ini, dari sumur kedua yang berkapasitas 2x2,5 MW sudah menghasilkan listrik sebesar 100 kw ke desa Wewo, Ponggeok, Umu, dan desa Paka.

"Sumur ketiga direncanakan beroperasi pada tahun 2012," singkatnya.

(nrs/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut