detikfinance

SBY Berpidato soal Energi di KTT APEC

Luhur Hertanto - detikfinance
Sabtu, 12/11/2011 10:12 WIB
SBY Berpidato soal Energi di KTT APEC
Palembang -Presiden SBY pagi ini bertolak dari Palembang ke Honolulu, Hawaii, AS, untuk ikuti KTT APEC. Di dalam ajang tahunan tersebut, Presiden SBY menjadi salah seorang pembicara utama.

"Beliau akan menjadi lead speaker di tema enerji," ujar Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, di Palembang, Sabtu (12/11/2011).

Pidato yang akan Presiden SBY sampaikan dalam CEO Summit ini adalah giliran yang ke tiga. Dua pertama adalah PM China, Hu Jin Tao, dan Presiden AS, Barrack Obama.

Pertemuan pemimpin ekonomi APEC atau KTT APEC ke-19 di Honolulu, akan berlangsung pada 12-13 November 2011. Tema APEC yang tahun ini di bawah keketuaan AS adalah “21 Economies for the 21st Century" dengan prioritas; penguatan ekonomi strategis regional konvergensi kerja sama antar anggota.

"Adapun pembahasan leaders akan juga mencakup isu-isu growth and jobs, regulatoray reform and competitiveness, energy efficiency and energy security," papar Faiz.

Lebih lanjut dijelaskannya, misi yang diemban delegasi Indonesia kali ini memastikan implementasi negara anggota APEC terhadap komitmen The Bogor Goals. Di dalam sesi pembahasan, Presiden SBY mendorong disepakatinya Yhe Bogor Goals Progress Report Guidelines guna memastikan ada kemajuan yang terukur bagi target pencapaiannya pada 2020.

Presiden RI juga telah dijadwalkan bersama-sama PM Jepang, PM Kanada dan PM Singapura adakan dialog dengan sejumlah pengusaha terkemuka di Asia Pasifik dibawah koordinasi ABAC (APEC Business Advisory Council). Selain itu ada pertemuan dengan pengusaha AS dan Indonesia yang agendanya adalah mendorong peningkatkan kerjasamanya.

"Untuk pertemuan bilateralnya ada dengan PM Kanada dan PM Rusia. Pertemuan dengan Presiden Obama nanti di Bali," sambung Faiz.

Menurut rencananya, pesawat kepresidenan yang ditumpangi Presiden SBY dan rombongan tinggal landas dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pukul 08.00 WIB, Sabtu (12/11/2011). Malam sebelumnya Presiden SBY membuka SEA Games XXVI di Jakabaring Sport City, Palembang.

(lh/ang)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut