Konsultasi Pajak
PB Taxand
Menara Imperium, 27th Fl.
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1
Jakarta 12980 Indonesia
Ph +62 21 835 6363 - Website www.pbtaxand.com

Tidak Lapor Beli Saham, Kena Denda Berapa?

PB Taxand - detikfinance
Selasa, 29/11/2011 14:18 WIB
Jakarta -Pertanyaan:

Saya tahun 2006 membeli saham jumlahnya Rp 10 miliar, dan tahun 2007 2008 2009 ada setor untuk beli saham tapi waktu sunset saya belum lapor. Jadi sekarang harus bagaimana apakah ada sanksi berapa ?

Jawaban :

Sesuai Pasal 4 ayat (2) butir c UU PPh, disebutkan bahwa penghasilan dari transaksi saham yang diperdagangkan di bursa dikenai pajak bersifat final. Maka terhadap laba atas penghasilan penjualan saham yang telah dipungut PPh Final, tidak perlu diperhitungkan kembali PPh-nya pada saat pelaporan SPT PPh Tahunan saudara.

Namun, saudara diwajibkan untuk tetap melaporkan total nilai penjualan saham di bursa efek dan PPh terhutang yang telah dipungut dalam suatu tahun pajak pada Lampiran 1770S - II bagian A huruf 3 atau Lampiran 1770 - III bagian A huruf 3.

Jika sampai saat ini, saudara belum pernah melaporkan penghasilan dari penjualan saham tersebut, dan juga belum pernah dilakukan pemeriksaan oleh petugas pajak, maka saudara dapat membetulkan sendiri SPT Tahunan PPh untuk Tahun Pajak 2006 s/d 2009 (Confirm Perdirjen Pajak No. PER-13/PJ/2009) Pada umumnya, jika hasil pembetulan SPT Tahunan PPh, ternyata menyebabkan pajak yang harus dibayar bertambah, maka WP akan dikenakan sanksi administrasi sebesar 2%/bulan atas jumlah pajak yang kurang dibayar. Tapi dalam kasus saudara, tidak ada pajak yang kurang dibayar dari pelaporan penghasilan yang bersifat final, sehingga tidak ada sanksi yang dikenakan.

Demikian, semoga membantu

Antari Fawziah-R&D Division Staf PB Taxand
(qom/qom)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut