detikfinance

American Airlines Daftarkan Kebangkrutan

Nurul Qomariyah - detikfinance
Rabu, 30/11/2011 07:09 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/11/30/4/american-airlines-afp-dalam.jpg Foto: AFP
Texas -Maskapai penerbangan terbesar ketiga AS, American Airlines dan induk perusahaannya AMR Corp mendaftarkan perlindungan kebangkrutan. Langkah tersebut diambil untuk melakukan restrukturisasi biaya di tengah tingginya harga bahan bakar dan merosotnya permintaan.

"Reorganisasi Chapter 11 (perlindungan kebangkrutan) adalah yang terbaik untuk perusahaan dan para pemegang saham," jelas American Airlines dalam pernyataannya seperti dilansir dari AFP, Rabu (30/11/2011).

American Airlines juga mengumumkan pergantian chairman dan chief executive dari Gerard Arpel ke Thomas Horton.

Pendaftaran perlingundan kebangkrutan bisa membuat maskapai yang berbasis di Texas itu memangkas beban utang dan merestrukturisasi operasionalnya dengan ruang legal yang lebih luas untuk melakukan manuver ataupun merenegosiasi atau membatalkan jasa dan kontrak upah.

"Ini adalah sebuah keputusan yang sulit, namun ini penting dan merupakan jalur yang tepat bagi kami untuk bangkit menjadi maskapai yang lebih efisien, kuat secara finansial dan kompetitif," jelas Thomas Horton.

American Airlines yang melayani penerbangan di 260 kota melalui jaringan yang mencapai 50 negara dan teritori itu juga menegaskan operasional bisnis akan beralan normal. Namun penegasan itu ditepis oleh analis industri.

"Pemangkasan akan datang: mereka mengatakan segala sesuatunya berhalan normal untuk sekarang, tapi pemangkasan secara jelas akan segera dimulai. Mereka akan mengurangi jumlah pesawat, pegawai dan rute," jelas Seth Kaplan dari Airline Weekly.

Rumor kebangkrutan American Airlines dan induknya, AMR memang sudah menyeruak dalam beberapa bulan terakhir setelah melonjaknya pensiunan pilot secara tidak biasa. Para pilot juga terus mencoba menjual saham perusahaan yang dimilikinya.

Saham AMR sudah merosot hingga 95% dalam setahun terakhir, menjadi 32 sen per lembar sehingga nilai pasar perusahaan itu hanya sebesar US$ 105 juta.

Pendaftaran kebangkrutan tersebut juga menyebabkan saham AMR Corp sangat aktif diperdagangkan meski sudah dihentikan hingga 28 kali sepanjang perdagangan kemarin. Saham AMR merosot 84% menjadi 26 sen setelah pengumuman tersebut.
(qom/qom)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut