detikfinance

Dirjen Pajak: Korupsi, Penyakit Kronis Sejak Zaman VOC

Wahyu Daniel - detikfinance
Selasa, 06/12/2011 10:05 WIB
http://us.images.detik.com/content/2011/12/06/4/Fuad-angga-dalam2.jpg Foto: Angga/detikFinance
Jakarta -Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Fuad Rahmany menyatakan korupsi merupakan penyakit kronis di Indonesia yang telah ada sejak zaman VOC. Proses pembangunan yang cepat menjadi pemicu berkembangnya korupsi di Indonesia.

"Korupsi ini kita semua menyadari sebagai penyakit yang kronis bagi bangsa Indonesia karena sudah lama berlangsung. Kalau kita baca buku sejarah dan koran-koran, sejak kita merdeka praktik korupsi sudah terjadi tapi sporadis atau satu-satu. VOC juga mengalami penyakit korupsi," jelas Fuad dalam peringatan Hari Anti Korupsi di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (6/12/2012).

Fuad mengatakan, upaya pemberantasan korupsi sudah dilakukan sejak dulu, namun belum bisa diberantas habis.

"Jadi korupsi semakin besar karena kesempatan besar akibat proses pembangunan yang cepat," kata Fuad.

Mantan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapapam LK) ini mengatakan dirinya adalah mantan aktivis saat menjadi mahasiswa Universitas Indonesia di 1974 saat peristiwa Malari berlangsung.

"Tema demo saat itu anti investasi asing yang dibakar Toyota Astra Motor. Tapi kalau anda lihat benihnya adalah kolusi antara penguasa saat itu dengan investor asing. Saat itu harus ada upeti dari investor ke penguasa," jelasnya.

Karena itu dia meminta para pegawai Ditjen Pajak yang menurutnya adalah instansi tulang punggung negara untuk sama-sama memberantas korupsi sampai nol.

(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru Index »


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut