detikfinance

Kerahkan 10 Ahli, Penyebab Runtuhnya Jembatan Kukar Masih Misteri

Winda Veronica Silalahi - detikfinance
Selasa, 20/12/2011 10:48 WIB
//images.detik.com/content/2011/12/20/4/jem-KukarDlm_.jpg
Jakarta -Sudah hampir sebulan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyelidiki runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara (Kukar). Sebanyak 10 ahli telah dikerahkan, namun belum diketahui penyebab runtuhnya jembatan tersebut.

Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan, 10 ahli dari berbagai universitas telah dikerahkan namun belum ada laporan pasti apa yang menjadi penyebab runtuhnya jembatan tersebut.

"Jadi itu (investigasi) belum kelar, saya sudah memangil 10 ahli dari universitas yang saya tugasi untuk melakukan investigasi, tapi mereka tidak bisa melaporkan, karena belum selesai dia membahas dengan perencanaanya, dengan kontraktornya, dengan yang sedang melakukan pemeliharaan itu belum selesai jadi masih menunggu itu," tutur Djoko di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (20/12/2011).

Djoko mengatakan dia mengharapkan sebelum satu bulan penyelidikan runtuhnya jembatan yang dibangun tahun 1995 dengan panjang total 710 meter tersebut sudah bisa terungkap. "Yang jelas belum selesai dan belum bisa disimpulkan," tukasnya.

Seperti diketahui, Jembatan Kukar yang menghubungkan 2 wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang dan Kecamatan Tenggarong, ambruk pada Sabtu (26/11/2011). Akibat dari insiden jembatan yang masih berusia 10 tahun itu, sedikitnya 10 orang meninggal dunia, 40 orang luka-luka serta 33 orang dilaporkan hilang.
(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut