Anggito Gagal Jadi Bos OJK, Staf Ahli BPK Malah Melenggang

Herdaru Purnomo - detikfinance
Kamis, 22/03/2012 15:33 WIB
//images.detik.com/content/2012/03/22/5/anggito1luar.jpg
Jakarta -Panitia Seleksi Pemilihan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Pansel DK OJK) yang diketuai Menteri Keuangan Agus Martowardojo kembali menuai banyak kritik. Kali ini, Agus Marto cs dituding tidak menggunakan kriteria yang konsisten dalam memilih calon yang dikirimkan kepada Presiden SBY.

"Kriteria yang dipakai tidak konsisten," kata Ekonom Dradjad H Wibowo ketika berbincang dengan detikFinance di Jakarta, Kamis (22/3/2012).

"Contohnya, Anggito tidak lolos sementara staf ahli BPK lolos. Lalu kriteria tersebut tidak sesuai dengan porsi subsektor dalam sistem keuangan," imbuhnya.

Menurutnya, orang-orang yang berpengalaman dalam pengaturan ataupun pengawasan perbankan dari Bank Indonesia (BI) justru tidak lolos. Namun orang-orang dengan latar belakang Bank Mandiri dan Bank Niaga lolos.

"Sementara orang BI yang lolos juga bukan yang betul-betul paling pengalaman pengaturan dan atau pengawasan perbankan. The result speaks for itself," tutup Dradjad.

Pansel DK OJK yang diketuai Menteri Keuangan Agus Martowardojo telah menetapkan 21 nama yang lolos tahap seleksi untuk dipilih langsung oleh Presiden SBY. Presiden SBY akan memilih 14 calon yang akan 'ujian' di DPR.

Dalam 21 nama tersebut ternyata terdapat 4 mantan 'anak buah' Agus Marto ketika di Bank Mandiri. Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Anggito Abimanyu yang masuk kedalam jajaran yang 'terdepak'.

Ketua Tim Pansel OJK Agus Martowardojo tidak bisa menyatakan alasan dari terdepaknya 16 calon tersebut. Adapun yang masuk dalam jajaran yang lolos yakni salah satunya Staf Ahli BPK yakni Ilya Avianti.
(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut