detikfinance

Jero Wacik: Subsidi Era Soeharto Rp 4 Triliun karena Rakyat Pakai Petromaks

Zulfi Suhendra - detikfinance
Minggu, 25/03/2012 21:48 WIB
//images.detik.com/content/2012/03/25/1034/Jero-Wacik-1.jpg foto: dok detikFinance
Jakarta -Menteri ESDM Jero Wacik mengungkapkan, subsidi listrik saat ini sudah jauh melambung tinggi dibanding Zaman Presiden Soeharto. Era orde baru (Orba) subsidi listrik hanya Rp 4 triliun karena masih banyak rakyat pakai lampu petromaks.

Demikian disampaikan Jero dalam rapat dengan Banggar DPR, Minggu malam (25/3/2012).

"Yang menarik begini, subsidi listrik sekarang besar sampai Rp 40 triliun. Dulu waktu zaman Pak Harto cuma Rp 4 T (triliun). Ya memang mungkin tahun 70-an itu bisa Rp 4 T, karena waktu kita masih pake lampu centir di kampung, ada yang pertromaks," katanya.

Ia menambahkan, kondisi terkini sudah tidak bisa lagi menekan subsidi listrik sedemikian rendah. Pasalnya tingkat elektrifitas masyarakat jauh meningkat, hingga pelosok-pelosok kampung. Seluruh lampu menggunakan listrik yang tarifnya disubsidi pemerintah.

"Sekarang hampir seluruh kampung berlistrik. Itu semuanya hampir semuanya disubsidi oleh negara, jadi memang sudah besar sekali," tuturnya.

Pemerintah juga terus merayu Banggar DPR untuk menaikkan subsidi listrik dalam APBN-P 2012 menjadi Rp 93 triliun. Namun hingga kini DPR masih bertahan pada angka Rp 64,9 triliun.

"Setelah kami bahas dengan PLN ini ada konsekuensi. Kalau subsidi listrik ini tidak diberikan tambahannya. Itu risiko pertama, 2,5 juta pelanggan baru tak bisa dilayani. Kedua, pemeliharaannya terganggu dan bisa pemadaman bergilir," paparnya.

"Ini kita tidak suka, karena (harga) listrik sekarang sudah sedikit di bawah beras ya. Beras kalau kita tidak makan berat juga ya. Kalau listrik mati kan itu berat juga, tidak hanya lampu, air mati jadi kalangkabut hidup kita tanpa listrik. Jadi ini sudah menjadi kebutuhan yang primer dan harus kita jaga," imbuhnya.
(wep/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close