PLN Sewa PLTU Amurang Selama 9 Tahun

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Minggu, 01/04/2012 17:59 WIB
//images.detik.com/content/2012/04/01/1034/By-Dadan-dalam.jpg
Jakarta -PT PLN (Persero) melakukan upaya peningkatan pasokan listrik di Sulawesi Utara melalui pembangunan PLTU Amurang, 2x30 Mega Watt (MW).

Dalam siaran persnya Minggu (1/3/2012) PLTU yang akan dibangun melalui konsorsium PT Mega Power International (MPI), PT Cogindo Daya Bersama dan PT Bagus Karya ini, akan disewa PLN selama 9 tahun.

“Harga sewa yang disepakati adalah 5.2437 sen USD per kWh untuk jangka waktu 9 tahun,” jelas PLN seperti dikutip detikFinance.

Rencananya operasi PLTU Amurang ini akan dimulai tahun 2014. Penandatanganan sewa PLTU tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dan Direktur Utama PT MPI Heni Kusuma Caya dan Komisaris PT MPI Lee Seung Se di Jakarta, Jumat (30/3/2012).

“Upaya ini dilakukan untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan listrik yang cukup tinggi di Sulawesi Utara. Sejalan dengan tekad pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan angka ratio electrifikasi, PLN terus mengimbangi dengan memenuhi kecukupan listrik dan mengantisipasi pertumbuhan permintaan listrik," jelas Nur Pamudji.

Menurut Nur Pamudji, melalui mekanisme sewa pembangkit berbahan bakar batubara ini, PLN memperoleh efisiensi yang sangat signifikan dibanding jika dibandingkan mengoperasikan atau menyewa pembangkit listrik diesel.

“Ini tonggak sejarah. Memang awalnya agak aneh, PLTU kok disewa? Sistem sewa PLTU ini akan sangat signifikan mengurangi pemakaian bahan bakar minyak,” sebutnya.

Saat ini beban puncak di Sulawesi Utara daratan dan Gorontalo mencapai sekitar 250 Mega Watt (MW) dengan tingkat pertumbuhan beban sekitar 9% per tahun. Beban tersebut dipasok dari beberapa pembangkit seperti Pusat Listrik tenaga panas Bumi (PLTP) Lahendong, Pusat listrik tenaga Air (PLTA) Tonsea Lama, PLTA Tanggari, beberapa Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan Pusat Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM).
(feb/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut