detikfinance

Dahlan Iskan Bidik 5 BUMN Berstatus Tbk di 2012

Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Rabu, 04/04/2012 20:30 WIB
//images.detik.com/content/2012/04/04/6/Dahlan-Iskan-Luar.jpg Foto: dok.detikFinance
Jakarta -Tak gentar dengan kondisi pasar saham yang fluktuatif, Menteri BUMN Dahlan Iskan tetap memegang target lima BUMN untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini.

"Target saya lima untuk IPO," kata Dahlan di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Ia menambahkan, satu BUMN yang sudah masuk agenda IPO (initial public offering) adalah PT Semen Baturaja (Persero). Sisanya merupakan anak-anak usaha BUMN yang bersangkutan.

Ide pencatatan saham perdana anak usaha BUMN mengingat, terdapat pengawasan yang lebih efektif khususnya dari pemegang saham publik. Selama ini anak usaha BUMN relatif kurang dikontrol.

"Anak usaha cenderung jauh dari pemerintah. Jadi (dengan IPO) lebih terbuka. Meski asumsinya anak usaha BUMN dikontrol manajemen BUMN. Harapannya IPO good corporate governance lebih baik," tambahnya.

"Empat lainnya merupakan anak usaha perusahaan BUMN. Saya belum bisa menyebutkan nama anak usaha tersebut, tapi saya pastikan semuanya bisa IPO. Itu masih digodoklah," tegasnya.

Namun saat didesak, Mantan Dirut PLN ini pun memberi sedikit bocoran. Anak usaha BUMN lainnya adalah Pertagas, Pertamina Drilling, juga PT Prima Layanan Nasional Engineering.

"Mereka masih dilihat, tapi tahun ini jalan," imbuh Dahlan.
(wep/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut