Gaji Pegawai OJK Minimal di Atas Rp 16 Juta/Bulan

Herdaru Purnomo - detikfinance
Senin, 09/04/2012 11:25 WIB
//images.detik.com/content/2012/04/09/5/rupiah2-lih-luar.JPG
Jakarta -Komisi XI DPR tidak ingin main-main dalam melakukan pemilihan calon bos Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya, calon bos OJK ini akan memegang peranan penting dalam mengawasi lembaga keuangan bank dan non bank. Bahkan gaji para calon bos OJK ini lebih tinggi dari Gubernur Bank Indonesia (BI) yang sudah 'selangit' gajinya.

Tak hanya para bos, ternyata para pegawai yang nantinya duduk di OJK sebagai pengawas gajinya juga melampaui standar gaji pegawai di Bank Indonesia.

"Secara mekanisme gaji pegawai OJK akan ditetapkan kemudian sesuai standard, namun bisa jadi lebih tinggi dari rata-rata gaji pegawai di BI," kata Wakil Ketua Komisi XI, Harry Azhar Azis ketika dihubungi detikFinance, Senin (9/4/2012).

Menurut Harry, penyesuaian gaji akan terjadi karena OJK ini merupakan pecahan dari pegawai BI dan Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam-LK). Ia mengatakan, gaji pegawai Bapepam-LK saat ini jauh lebih rendah dari pegawai BI maka nantinya akan distandarkan.

"Bisa diatas pegawai BI sekarang karena ini untuk tunjangan dan semangat bagi karyawan yang memang harus pindah ke OJK. Walaupun memang diberikan kebebasan bagi para pegawai BI untuk memilih," paparnya.

Menurut Harry, gaji minimal setingkat staf di BI mencapai Rp 16 juta. Maka nantinya jika pegawai tersebut pindah ke OJK maka akan berada di atas Rp 16 juta.

"Gaji staf itu sesuai ATBI 2012 mencapai Rp 16,7 juta per bulan. Maka di OJK akan disesuaikan yang staf atau jabatan paling standar bisa di atas itu," tuturnya.

Seperti diketahui, bos OJK sendiri melebihi gaji Gubernur BI yang di 2012 ditetapkan sekitar Rp 166 juta. Sedangkan Deputi Gubernur BI berikisar di Rp 124,3 juta.

Lalu bagaimana gaji standar pegawai BI? Berdasarkan Anggaran Tahunan Bank Indonesia di 2012 tercatat gaji paling tinggi di bawah level Dewan Gubernur BI diduduki oleh Direktur dengan gaji mencapai Rp 78 juta.

Untuk mengetahui gaji pegawai OJK, berikut daftar gaji pegawai BI (maksimum) setelah kenaikan 3% dan penilaian kinerja di 2012:
  • Gubernur BI: Rp 166 juta (asumsi kenaikan 4%)
  • Deputi Gubernur BI: Rp 124,3 juta (asumsi kenaikan 4%)
  • Direktur: Rp 78,8 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Deputi Direktur: Rp 51,7 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Kepala Bagian: Rp 42,1 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Deputi Kepala Bagian: Rp 31,5 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Kepala Seksi: Rp 25,0 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Staf: Rp 16,7 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Pegawai Tata Usaha: Rp 11,9 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Pegawai Dasar: Rp 5,7 juta (asumsi kenaikan 5%)
(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut