detikfinance

Hatta: Tidak Ada Negara yang Maju Tanpa Wirausahawan

Muhammad Taufiqqurahman - detikfinance
Minggu, 15/04/2012 13:51 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/04/15/4/hatta-dalem.jpg
Jakarta -Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyebut tidak ada satu negara yang bisa maju tanpa adanya wirausahawan. Indonesia sedikitnya harus mempunyai 2 persen wirausahawan.

"Tidak ada satu bangsa di dunia yang mampu jadi negara maju tanpa di topang oleh sejumlah masyarakatnya yang berwirausaha," ujar Hatta.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri penjaringan 5000 calon wirausahawan muda yang teridiri dari pemuda-pemudi berusia 17 sampai 25 tahun di Kampus STEKPI Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (15/4/2012).

Menurut Hatta, Indonesia harus mempunyai sedikitnya 2 persen wirausahawan dari total dua ratus juta lebih penduduknya. Menteri Koordinator Perekonomian ini juga membandingkan Amerika Serikat (AS) yang 15 Persen penduduknya adalah pengusaha dan Malasyia sekitar 6 persen.

"Bahkan negara-negara eropa timur yang dulunya komunis, mendorong pemudanya untuk menjadi wirausha," kata Hatta.

"Maka indonesia akan menjadi negara maju apabila sekelompok masyarakat paling sedikit 2 persennya adalah wiraushawan," tambah Ketua Umum PAN ini.

Salah satu modal yang dimiliki oleh Indonesia adalah besarnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus bisa tercerahkan. Namun, Hatta mengingatkan meski jumlah penduduk yang besar tanpa dibarenagi dengan kemampuan tidak akan bisa mendorong majunya Indonesia.

"Jangan berpikir rakyat kita terbebani dengan jumlah penduduk yang besar," tegasnya.

Hatta menyebutkan, ada beberapa kiat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha yaitu harus menjadi orang pemberani,,bangkit dari keterperukan dan bukan se orang pengecut.

"Harus jadi pemimpi, menjadi orang kreatif, sellau beryskur, setia kawan, dan menghargai karya orang lain," sebutnya.
(fiq/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut