detikfinance

PLTS Terbesar Hadir di Morotai, PLN Hemat Rp 2,5 Miliar/Tahun

Rista Rama Dhany - detikfinance
Minggu, 15/04/2012 14:25 WIB
Halaman 1 dari 2
//images.detik.com/content/2012/04/15/1034/By-Dadan-luar.jpg
Jakarta -PLN terus mengembangkan energi terbarukan untuk meningkatkan angka ratio elekrifikasi dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Hal ini diantaranya dilakukan dengan memanfaatkan potensi matahari dan membangun Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pulau-pulau terluar Indonesia.

Masyarakat pulau Morotai, kabupaten Kepulauan Morotai, propinsi Maluku Utara patut berbangga karena sejak Sabtu (14/4/2012) telah dapat menikmati layanan listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik ramah lingkungan yaitu PLTS hybrid kapasitas 600 kilo Watt peak (kWp). PLTS Morotai merupakan PLTS dengan kapasitas terbesar yang di operasikan oleh PLN selama ini.

Peresmian pengoperasian PLTS Morotai yang berlokasi di Daruba, Morotai ini, dilakukan oleh Direktur Operasi Indonesia Timur PLN, Vickner Sinaga yang didampingi Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Morotai, Weni Paraisu, Kepala Divisi Distribusi & Pelayanan Pelanggan PLN Indonesia Timur, Wirabumi Kaluti dan GM PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Yulian Tamsir serta Manajer PLN Area Ternate, Taufan R, disaksikan Muspida dan warga masyarakat Pulau Morotai.

“Ini adalah PLTS terbesar yang pernah dioperasikan PLN di seluruh Indonesia, dan diharapkan dapat ikut mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kepulauan Morotai, sehingga sudah sepatutnya seluruh masyarakat pulau Morotai bersama-sama ikut menjaga instalasi kelistrikan ini”, ujar Vickner Sinaga dalam keterangan persnya, Minggu (15/4/2012).

Dengan beroperasinya PLTS ini, PLN mampu mengurangi penggunaan BBM setiap harinya rata-rata dengan 800 liter atau ekuivalen penghematan senilai Rp 2,5 miliar / tahun.

PLN terus membangun dan meningkatkan pelayanan kelistrikan di seluruh Indonesia, dengan mengedepankan pembangunan pembangkit listrik yang memanfaatkan energi alternatif non BBM, utamanya di kawasan timur Indonesia.

Sebelumnya, PLN berturut-turut baru saja mengoperasikan PLTS kapasitas 350 kWp di pulau Sebatik, Kalimantan Timur yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia serta PLTS kapasitas 100 kWp di pulau Miangas, Sulawesi Utara, yang merupakan pulau terdepan di utara Indonesia dan berbatasan dengan Philipina.Next

Halaman 12
(rrd/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut