detikfinance

Jet Pribadi Uzur Tak Bisa Masuk Indonesia

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Senin, 16/04/2012 09:57 WIB
Jet Pribadi Uzur Tak Bisa Masuk Indonesia ilustrasi
Jakarta -Tren menggunakan jet pribadi di kalangan pengusaha bukan hanya dilakukan pengusaha luar negeri namun juga oleh pengusaha lokal. Di luar negeri seperti di China penggunaan jet-jet pribadi berharga murah bahkan bukan baru menjadi pilihan pengusaha.

Misalnya Jet Pribadi jenis Dassault Falcon 10 berkapasitas 8 penumpang seharga Rp 4,3 miliar. Jet bekas tahun 1979 yang sudah dipermak sehingga menyerupai baru ini, masih dianggap layak.

"Itu tergantung sama yang makai. Kalau dia bilang layak kenapa nggak. Menurut saya itu layak, masalahnya apa meknisme perbaikannya sudah sesuai prosedur dan sesuai kriteria publik. Kalau sudah memenuhi, itu nggak masalah," Direktur Umum Lion Air Edward Sirait kepada detikFinance, Senin (15/4/2012).

Meskipun Edward menyoroti jet-jet bekas terutama berusia tua mungkin akan sulit masuk ke Indonesia. Alasannya usia pesawat yang boleh beroperasi Indonesia untuk keperluan penerbangan sipil berusia maksimal 20 tahun.

"Cuma kalau mau masuk ke Indonesia, setahu saya pesawat yang boleh masuk (untuk maskapai) maksimal berusia 20 tahun dan saya rasa private jet (jet pribadi) punya peraturan yang sama," jelas Edward.

Seperti dikutip dari situs jual beli pesawat AVbuyer.com, dengan uang Rp 4,3 miliar anda bisa mendapatkan pesawat jenis Dassault Falcon 10.

Pesawat jet yang ditawarkan tersebut berkapasitas delapan orang termasuk pilot dan co-pilot, merupakan pesawat bekas pakai keluaran tahun 1976.

Interior dalamnya berisikan empat kursi kulit yang bisa diubah posisinya, menghadap depan-belakang lengkap dengan meja kabin yang bisa dilipat. Selain itu, terdapat pula lemari pendingin, alat pemanas makanan dan tempat sampah.

Pesawat berumur 36 tahun ini juga dilengkapi lemari yang bisa digunakan untuk menyimpan jaket atau jas sepanjang perjalanan. Si pemilik pesawat yang berasal dari Texas, AS, mengaku kursi dan interior tersebut sudah diperbarui dua kali, pada tahun 2006 dan 2009.

Renovasi interior itu juga dibarengi dengan mendandani di bagian luar alias eksterior, yaitu penambahan strip hitam di bagian bawah badan pesawat berwarna dasar putih tersebut.

(feb/hen)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut