Wow! Gaji Pegawai OJK Pasti Lebih Besar dari BI & Kemenkeu

Ramdhania El Hida - detikfinance
Selasa, 17/04/2012 12:37 WIB
Wow! Gaji Pegawai OJK Pasti Lebih Besar dari BI & Kemenkeu
Jakarta -Ketua Tim Perwujudan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mulia P. Nasution menyatakan pihaknya tengah mengkaji besaran gaji Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) dan para pegawainya bersama tim remunerasi. Gaji pegawai OJK akan lebih baik dibandingkan gaji Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan.

"Yang jelas standar itu harus kalau bisa lebih baik (dari BI dan Kemenkeu)," ujar Mulia ketika ditemui di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Namun, lanjut Mulia, anggaran gaji dan biaya operasional OJK ini akan menunggu keputusan DPR, karena dalam 3 hingga 5 tahun ke depan, lembaga ini masih menggunakan anggaran dalam APBN.

"Tapi dana itu dari APBN kan harus diajukan ke DPR dan harus dijelaskan nanti," ujarnya.

Mulia menjelaskan, digunakannya anggaran untuk OJK dari APBN karena OJK belum mampu menghimpun dana dari industri perbankan dan non perbankan dalam waktu dekat.

"Karena iuran masih belum bisa membiayai sepenuhnya yang dipungut dari industri karena kalau dipungut dari industri harus mempertimbangkan kemampuan industri kita, jangan sampai kita industri kita sampai kalah bersaing dengan industri sejenis dari negara lain," kata Mulia.

Menurut Mulia, pihaknya akan menjelaskan kepada DPR soal kebutuhan anggaran gaji dan operasional OJK mengingat beban tugas dari para pimpinan lembaga ini.

"Harus dijelaskan nanti, mengapa mereka diberi standar gaji kompensasi yang baik. Supaya mereka fokus pada kerjaannya dan agar mereka berdedikasi pada tugas mereka dan melakukan tugas pengawasan karena sangat berisiko kalau misal ada masalah penggajian dan pengupahan," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis, gaji minimal setingkat staf di BI mencapai Rp 16 juta. Maka nantinya jika pegawai tersebut pindah ke OJK maka akan berada di atas Rp 16 juta.

"Gaji staf itu sesuai ATBI (anggaran tahunan Bank Indonesia) 2012 mencapai Rp 16,7 juta per bulan. Maka di OJK akan disesuaikan yang staf atau jabatan paling standar bisa di atas itu," tuturnya.

Sementara gaji bos OJK sendiri melebihi gaji Gubernur BI yang di 2012 ditetapkan sekitar Rp 166 juta. Sedangkan Deputi Gubernur BI berkisar di Rp 124,3 juta.

Lalu bagaimana gaji standar pegawai BI? Berdasarkan Anggaran Tahunan Bank Indonesia di 2012 tercatat gaji paling tinggi di bawah level Dewan Gubernur BI diduduki oleh Direktur dengan gaji mencapai Rp 78 juta.

Untuk mengetahui gaji pegawai OJK, berikut daftar gaji pegawai BI (maksimum) setelah kenaikan 3% dan penilaian kinerja di 2012:

  • Gubernur BI: Rp 166 juta (asumsi kenaikan 4%)
  • Deputi Gubernur BI: Rp 124,3 juta (asumsi kenaikan 4%)
  • Direktur: Rp 78,8 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Deputi Direktur: Rp 51,7 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Kepala Bagian: Rp 42,1 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Deputi Kepala Bagian: Rp 31,5 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Kepala Seksi: Rp 25,0 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Staf: Rp 16,7 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Pegawai Tata Usaha: Rp 11,9 juta (asumsi kenaikan 5%)
  • Pegawai Dasar: Rp 5,7 juta (asumsi kenaikan 5%)

(nia/dnl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut