detikfinance

Wah! Sepatu Timberland dan Clarks pun Made in Sidoarjo

Suhendra - detikfinance
Jumat, 25/05/2012 17:05 WIB
//images.detik.com/content/2012/05/25/1036/165812_sepatuluar.jpg
Jakarta -Produk-produk sepatu bermerek kelas dunia seperti Timberland dan Clark mulai diproduksi di Indonesia. Para pemegang merek sepatu internasional itu menjatuhkan pilihannya untuk memproduksi sepatu mereka kepada PT Young Tree di Sidoarjo, perusahaan sepatu asal Taiwan.

Direktur Industri Tekstil dan Aneka Ditjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Ramon Bangun mengatakan sedang terjadi tren relokasi atau pengalihan order produksi dari para prinsipal sepatu dunia dari pantai timur China ke negara-negara berkembang seperti Indonesia maupun Vietnam.

Menurutnya hal ini karena upah buruh di China bagian pantai timur terus mengalami kenaikan. Sementara kawasan industri di China bagian tengah justru sumber daya manusianya dianggap kurang ulet.

"Saat ini sebagian sudah memindahkan fasilitas produksinya ke sini antara lain produk sepatu Clark dan Timberland, di Sidoarjao melalui PT Young Tree dari Taiwan," katanya kepada detikFinance, Jumat (25/5/2012)

Ramon mengatakan pihak PT Young Tree sedang menambah kapasitas produksi mereka sebanyak 8 line produksi. Saat ini sudah masuk dalam tahap 4 line, sehingga nantinya akan mencapai total 20 line produksi.

Menurutnya Sidoarjo salah satu kota yang menjadi pusat produksi sepatu berbasis ekspor di Indonesia. Selain Sidoarjo di Jawa Timur ada kota-kota lainnya yang memproduksi sepatu antaralain Pasuruan, Pandaan, Jombang, dan Surabaya.

Selain itu, ada sepatu merek Bocorocco yang baru dibuat di Indonesia. Sepatu merek Italia ini, dibuat di salah satu pabrik sepatu di Tangerang.

Ia optimistis perkembangan industri sepatu pada semester I-2012 ini terus membaik, setelah sebelumnya pada triwulan I-2012 sempat melandai. Menurutnya dalam industri sepatu selalu terjadi siklus penurunan di awal tahun.

"Ekspor tahun kemarin US$ 3,3 miliar, tahun ini saya perkirakan ada kenaikan di atas 7,5%. Pertumbuhan industrinya kelihatannya akan naik," katanya.
(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Selasa, 30/09/2014 08:17 WIB
    Muda dan Cantik, Ini Miliuner AS Berharta Rp 49 Triliun
    Jajaran perempuan yang masuk daftar 400 orang terkaya AS versi Forbes didominasi oleh mereka yang berumur 45 tahun ke atas. Namun ada satu perempuan muda nan cantik yang masuk daftar orang terkaya di AS.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut
MustRead close