detikfinance

Ini Dia Penerbangan Antar Benua Perdana Pesawat Bertenaga Matahari

Metta Pranata - detikfinance
Selasa, 05/06/2012 14:50 WIB
//images.detik.com/content/2012/06/05/4/145123_solarimpulse.jpg
Madrid -Seorang petualang Swiss kemarin malam terbang dari Madrid, Spanyol, menuju Rabat, Maroko, menggunakan pesawat bertenaga surya pertama di dunia. Bertrand Piccard, ahli balon dan psikiater berusia 54 tahun itu terbang lintas benua, dari Eropa ke Afrika tanpa setetes bahan bakar minyak pun.

Pesawat bernama Solar Impulse itu besarnya setara dengan Airbus A340 namun sangat ringan, seperti mobil keluarga biasa. Pesawat dari serat karbon ini menggunakan 12,000 panel surya di kedua sayapnya sebagai sumber tenaga empat motor listrik.

Setiap motor listrik mengisi 400 kilogram batere polimer litium di siang hari sehingga pesawat bisa terbang di malam harinya. Sebuah kamera yang terpasang di badan pesawat mengirim gambar yang terlihat dari bawah pesawat.

Piccard berangkat dari bandara Barajas, Madrid pukul 05:22 waktu setempat. Dibantu oleh sebuah tailwind, perlahan-lahan Piccard mengarahkan pesawatnya ke arah selatan Spanyol menuju Seville di ketinggian 3.600 meter. Dia kemudian melintasi Selat Gibraltar di ketinggian 8.500 meter memasuki langit Maroko melalui Tangiers dan mendarat di bandara Sale, Rabat pada pukul 23:00 waktu setempat.

Piccard yang berhasil keliling dunia non-stop dengan balon udara bersama Briton Brian Jones pada 1999 itu mengambil alih kendali pesawat Solar Impulse dari salah satu penemunya, Andre Borschberg. Pilot dan eksekutif Swiss berusia 59 tahun ini menerbangkan putaran pertama dari Payerne, Swiss yang mendarat di Madrid pada 25 Mei silam.

Penyelenggaara mengatakan perjalanan sepanjang 2.500 kilometer itu sengaja dilakukan bertepatan dengan peluncuran konstruksi pembangkit listrik tenaga surya terbesar yang pernah ada di daerah selatan Maroko, Ouarzazate.

Perjalanan itu juga dijadikan gladi resik untuk penerbangan keliling dunia yang direncanakan untuk 2014. Solar Impulse mencatat sejarah pada Juli 2010 sebagai pesawat berawak manusia pertama yang bisa terbang hanya dengan tenaga surya.

Solar Impulse memegang rekor untuk penerbangan terjauh oleh pesawat berawak manusia setelah berhasil mengangkasa selama 26 jam, 10 menit dan 19 detik di langit Swiss. Dia juga mencatat rekor karena berhasil terbang di ketinggian 9.325 meter.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut