detikfinance
Perencanaan Keuangan
Aidil Akbar Madjid, MBA, CFE®, CFP®, RFC®
Wealth Planner™
Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga
Chairman, IARFC Indonesia

Solusi Mengatur Keuangan Supaya Tidak Boros

Aidil Akbar Madjid - detikfinance
Senin, 11/06/2012 14:20 WIB
Solusi Mengatur Keuangan Supaya Tidak Boros
Jakarta -Pertanyaan:
Selamat siang.
Saya mau tanya mengatur keuangan saya yang boros, saya laki-laki masih single usia 25 tahun bekerja di perusahaan swasta dengan status kontrak dengan penghasilan 2.5 juta, tapi selalu saja uang itu habis, mohon solusi pengaturan keuangan harus bagaimana?

Jawaban:
Halo Abi,

Mengatur keuangan memang menjadi satu kegiatan yang agak tricky. Terlihat dan terdengar mudah, tapi begitu dipraktikkan hasilnya tidak jauh berbeda. Namun begitu, bukan berarti Abi bisa menyerah begitu saja.

Untuk mengendalikan pengeluaran, cobalah untuk membuat suatu anggaran dengan nilai nominal yang masuk akal dan sesuai kebutuhan. Maksudnya, cobalah untuk melihat selama bulan-bulan sebelumnya, misalnya kebutuhan belanja bulanan adalah sebesar Rp 500 ribu, maka di bulan-bulan selanjutnya jangan sampai melebihi angka tersebut.

Untuk dikombinasikan dengan anggaran, cobalah untuk mulai mencatat pengeluaran sehari-hari. Dari yang paling kecil hingga yang paling besar.

Jika Abi sudah menggunakan handphone yang bisa terhubung ke internet, maka pencatatannya bisa lebih mudah. Abi tidak perlu lagi membawa buku catatan.

Manfaatkan layanan pencatatan keuangan gratis. Dari pencatatan ini, Abi akan tahu pengeluaran mana yang nilai ternyata terlalu besar dan masih bisa dikurangi.

Selain itu, cobalah untuk mulai menetapkan target keuangan yang ingin dicapai di masa depan. Misalkan, Abi ingin membeli rumah atau mobil. Dengan adanya target seperti ini, mindset Abi tentang mengatur pengeluaran akan menjadi teratur dan terkendali.

Demikian beberapa solusi sederhana, semoga dapat membantu Abi.

(ang/ang)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut